Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 26 May 2015

Di India, Muslimin Sumbang Lahan Pembangunan Candi Terbesar Dunia


viratramayanmandir

Candi terbesar di dunia segera berdiri di negara bagian Bihar, India, dekat dengan perbatasan Nepal, kata media. Tempat ibadah umat Hindu yang direncanakan berkapasitas 20.000 orang ini dibangun di atas area 190 hektar di Motihari, sekitar 75 mil dari Patna. Menariknya lahan untuk proyek raksasa ini berasal dari sumbangan Muslimin India.

“Tanpa bantuan umat Islam, akan sulit mewujudkan proyek impian ini,” kata Acharya Kishore Kunal, sekretaris Mahavir Mandir Trust, lembaga pengelola dana pembangun candi, seperti dikutip The Telegraph awal pekan ini.

Candi yang bernama ‘Viraat Ramayan Mandir’ terdiri dari 18 candi dengan menara-menaranya. Ketinggian candi yang mulai dibangun pada Juni 2015 ini bakal mencapai 405 kaki. Ukuran ini mendekati dua kali lipat dari Candi Angkor Wat yang ada di Kamboja. Meskipun demikian Angkor Wat yang telah berusia 8 abad ini masih menempati area yang lebih luas yaitu 500 hektar.

Pembangunan candi ini resmi diusulkan dua tahun lalu dengan perkiraan kelar tahun ini. Namun, seperti kata Kunal, umat Islam patut diapresiasi karena yang paling terdepan berkonstribusi sehingga proyek yang bertepatan dengan 800 tahun Candi Angkor Wat ini bisa diwujudkan.

“Bagi umat Hindu, menyumbangkan tanah untuk candi sudah biasa. Tapi yang unik ialah jika umat Islam menyumbangkan tanah untuk membangun candi,” katanya.

The India Gazzete melaporkan, beberapa keluarga Muslim memiliki lahan di sepanjang jalan utama yang menghubungkan ke lokasi proyek. Bahkan lebih dari 36 keluarga Muslim memiliki tanah di tengah-tengah lokasi candi. Kata Kunal, seperempat dari 200 hektar telah disumbangkan sedangkan sisanya telah dibeli.

“Selain menyumbangkan tanah, umat Islam lainnya juga membantu dan mendukung kami dalam pembelian tanah untuk candi. Jika bukan karena umat Islam yang terdepan membantu, proyek candi ini pasti tertunda,” kata  Mahavir Mandir dalam sebuah pernyataan. Dia menyatakan juga menekankan bahwa proyek ini tidak bertujuan menggantikan kemegahan Angkor Wat.

“Tidak ada konstruksi masa kini yang bisa mengalahkan keindahan monumen hasil kreasi keahlian manusia masa itu,” kata lembaga menyebut tujuan pembangunan candi untuk lebih mempererat ikatan budaya Kamboja dan India.

(Edy/Islam Indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *