Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 06 May 2014

Imam Turki Imbau Umat Islam Mencontoh Rumi


Worldbulletin.net

Menghormati antar agama sangat penting dalam dunia global.

 

Kepala Direktorat Agama Turki, Mehmet Gormez mengimbau kepada seluruh umat Islam agar mencontoh perilaku penyair sufi Rumi, yang mengedepankan sikap toleran dan saling menghormati antar keyakinan umat beragama.

Hal itu ia sampaikan dalam pertemuan di ibukota Turki, Ankara, dengan perdana menteri negara bagian Jerman Lower Saxony. Menurutnya, salah satu kalimat Rumi yang terkenal pada abad ke-13 ini berisi imbauan agar saling menjaga di antara umat beragama.

“Ayo, datang! Siapapun Anda, kafir, penyembah api, siapa pun datang,” Ujar Mehmet.

Menghormati antar agama, lanjut Mehmet, sangat penting dalam dunia global di mana semua budaya memiliki karakteristik yang berbeda, namun bertujuan sama, menciptakan perdamaian.

Ia juga menekankan perlunya membiasakan diri hidup di dunia secara berdampingan dengan berbagai agama.

Sementara itu, Perdana Menteri Lower Saxony, Stephan Weil mengatakan, orang-orang dari latar belakang agama yang berbeda “harus menghormati satu sama lain”.

Ia mengatakan telah mengunjungi masjid di Lower Saxony sebagai bagian dari kampanye pemilihannya. “Sebagai negara kami ingin menunjukkan bagaimana kita menerima Islam, bagaimana kita menghormati dan menghargai mereka.”

Setidaknya ada empat juta Muslim di negara tersebut. Sebagian besar warga Turki yang tinggal di Jerman utamanya beragama Kristen.

 

Sumber: Worldbulletin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *