Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 10 January 2019

Imam Masjid Istiqlal Apresiasi Buku ‘Dari Allah Menuju Allah’


islamindonesia.id -Imam Masjid Istiqlal Apresiasi Buku ‘Dari Allah Menuju Allah’

 

 

 

Imam Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengapresiasi karya terbaru cendekiawan muslim Haidar Bagir, Dari Allah Menuju Allah. Buku setebal 252 halaman ini mengajak pembacanya belajar tasawuf melalui sufi sekaligus penyair Jalaluddin Rumi.

“Salah satu kelebihan Pak Haidar: mampu menangkap kekuatan batin buku-buku yang ia terjemahkan itu ke dalam bahasa Indonesia,” kata Nasaruddin Umar dalam kanal Youtube Pesantren Tasawuf Virtual Nur Al-Wala, 10 Januari. Bagi Nasaruddin,  suasana batin puisi Jalaluddin Rumi merupakan hal yang paling sulit diterjemahkan ke dalam bahasa lain.

Selain itu, lanjut Nasaruddin, penulis Dari Allah Menuju Allah ini bukan sekedar intelektual tapi juga seorang praktisi.  “Seorang praktisi itu – insya Allah – lebih merasakan apa yang ia tulis,” ujarnya.

Apresiasi ini bukan sekadar basa-basi. Guru Besar Tafsir Alquran UIN Syarif Hidayatullah ini mengaku telah membaca juga karya-karya Haidar sebelumnya.

“Pengalaman saya – mungkin juga orang lain -setelah membaca buku-buku beliau ialah merasakan kelapangan dada, kedamaian,” ujar penulis Pengantar Ulumul Qur’an ini. “Kita perlu ilmu yang dapat membebaskan kita dari segala macam beban duniawi.”

Karena itu, Nasaruddin merekomendasikan buku yang diterbitkan Noura ini kepada siapa saja yang ingin mendapatkan pencerahan agama. “Saya sendiri sudah membacanya dan betapa banyak hal yang baru yang dapat kita petik dari buku ini,” ungkapnya.

 

 

 

 

YS/islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *