Satu Islam Untuk Semua

Monday, 23 February 2015

Imam Besar Al Azhar: Seluruh Sekte Islam Harus Berdamai


Perseteruan yang tidak berkesudahan antar sekte dalam Islam sudah saatnya disudahi. Pasalnya, hal tersebut sangat merugikan umat Islam sendiri.

Hal tersebut diungkapkan oleh Imam Besar Masjid Al-Azhar, Syaikh Ahmad Ath-Thayyib. Dalam konferensi kontraterorisme yang digelar di Arab Saudi pada hari Ahad kemarin (22/2/2015), Syaikh Ahmad menyerukan digelarnya sebuah konferensi tentang rekonsiliasi antara berbagai sekte dari agama Islam.

Menurut ulama Sunni itu, konferensi yang diusulkan harus berusaha  membawa perdamaian di antara sekte-sekte tersebut. “Kita harus melupakan perbedaan-perbedaan yang telah membawa kita menjadi semakin lemah dan menjadi hinaan,” kata Ath-Thayyib.

Dalam pandangannya, negara-negara Islam menghadapi apa yang dia sebut sebagai ancaman “neokolonialis” dari kekuatan internasional. Kekuatan neokolonialisme dan neoimperialisme itu, katanya, menggerogoti negara-negara Islam yang lebih mementingkan meributkan internal ketimbang serangan eksternal.

Dia menambahkan bahwa kekuatan internasional berusaha untuk membagi dan memerintah negara-negara Islam dengan memanfaatkan ketegangan sektarian. “Isu sektarian terus dipelihara oleh mereka, karena mereka tahu umat Islam begitu reaktif soal isu tersebut”, ujarnya.

Imam Al-Azhar itu juga mencatat bahwa munculnya kelompok-kelompok Islam yang merendahkan dan memfitnah umat Islam lainnya merupakan akumulasi sejarah tren ekstremis. Dia menambahkan bahwa tren ini didasarkan pada interpretasi sesat dari Al Quran serta perkataan nabi Islam Muhammad SAW.

 

(Wahyu/worldbulettin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *