Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 06 May 2018

Ilmuwan Ungkap Penyakit Misterius Salahuddin Al Ayyubi


Ilmuwan Ungkap Penyakit Misterius Salahuddin Al Ayyubi

islamindonesia.id – Ilmuwan Ungkap Penyakit Misterius Salahuddin Al Ayyubi

 

Panglima perang Muslim yang terkenal karena kejayaannya dalam perang salib, Salahuddin Al Ayyubi, adalah seorang yang diketahui meninggal pada tahun 1193 karena penyakit misterius yang saat itu hanya diketahui menimbulkan demam.

Terkait hal tersebut sekelompok ilmuwan modern berusaha mengungkap apa yang sebetulnya membunuh Salahuddin. Dalam laporan terbaru yang dikutip dari Live Science, Minggu (6/5/2018), peneliti dari University of Pennsylvania berasumsi bahwa ia kemungkinan terkena demam tifus.

Profesor Dr Stephen Gluckman menyebut bahwa diagnosa tersebut diambil setelah mencocokkan gejala yang dijelaskan dalam rekaman medis kuno Salahuddin. Disebutkan bahwa sang panglima meninggal setelah demam dan sakit selama dua minggu.

Ketika itu demam tifus memang menjadi penyakit yang mewabah di daerah Salahuddin. Penyakit disebabkan oleh bakteri Salmonella dan memicu gejala mulai dari demam tinggi, nyeri perut, sakit kepala, hilang nafsu makan, dan lemas.

Dr Stephen mengeliminasi kemungkinan Salahuddin terkena pes, penyakit yang juga jadi momok, karena biasanya korban meninggal dengan cepat. Selain itu malaria juga tidak dimasukkan ke dalam kemungkinan karena Salahuddin tidak pernah menggigil, gejala umum malaria.

Karena sifat studi hanya analisa rekam medis Dr Stephen mengatakan diagnosa tersebut masih belum pasti. Butuh pemeriksaan langsung dengan peralatan modern untuk mengetahuinya.

Demam tifus sendiri kini sudah dapat diobati dengan antibiotik.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *