Satu Islam Untuk Semua

Monday, 16 March 2020

Ikhtiar Batin dari Gus Mus untuk Menghadapi Wabah Corona


islamindonesia.id – Ikhtiar Batin dari Gus Mus untuk Menghadapi Wabah Corona

Kiai Haji Ahmad Mustofa Bisri, atau akrab dipanggil Gus Mus, pada Senin (16/3) di dalam akun Instagram-nya membagikan cara-cara ikhtiar yang dapat dilakukan oleh Muslim untuk menghadapi wabah virus Corona, Covid-19.

Menurutnya, jika ikhtiar lahir sudah dilakukan, maka jangan lupakan ikhtiar batin yang dapat dilakukan oleh seorang Muslim agar dilindungi oleh Allah SWT.

Berikut ini pernyataan lengkap beliau:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Semoga kita semua dilindungi oleh Allah, selamat, sehat wal afiat lahir dan batin.

Waba’du; menghadapi Covid-19, ikhtiar lahir sudah dilakukan secara massal (dan bahkan mirip ‘kepanikan umum’). Tapi, sebagai hamba-hamba beriman, kita tidak boleh melupakan ikhtiar batin, mendekat serta memohon kepada Tuhan kita dan Tuhannya segala virus.

Kita -yang beragama Islam – bisa misalnya:

1. Menyempurnakan wudhu kita,

2. Membaca 3x بسم الله لا يضر مع اسمه شئ في الأرض ولا في السماء وهو السميع العليم، (BismiLlãhi lã yadhurru ma’asmiHi syai-un fil ardhi walã fissamã-i waHua s-Samii’ul Aliim), setiap habis Subuh dan Maghrib; juga jika mau keluar rumah.

3. Wiridkan asma Allah يا سلام (yã Salãm), يا حفيظ (yã Hafiizh), dan يا مانع يا ضآر (yã Mãni’u yã Dhãrru). Masing-masing minimal 20x setiap habis salat.

4. Baca shalawat Nabi SAW yang kita sukai/hafal setiap mulut nganggur; dan

5. Berdoa: اللهم إنا نسألك العفو والعافية والمعافاة الدائمة في الدين والدنيا والآخرة (Allahumma innã nas’aluKa al-‘afwa wal-‘ãfiata wal mu’ãfata ad-dãimata fiddiini waddunyã wal ãkhirah).

Wawallãhu Musta’ãn.

https://www.instagram.com/p/B9xw9kkBle8/?igshid=1euzmrwn03ez5

PH/IslamIndonesia/Foto utama: Gus Mus/Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *