Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 24 January 2017

ICMI Siap Dukung Pemerintah Atasi Kesenjangan Sosial


ICMI Siap Dukung Pemerintah Atasi Kesenjangan Sosial

islamindonesia.id – ICMI Siap Dukung Pemerintah Atasi Kesenjangan Sosial

 

Senin (23/1/2017) kemarin, Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie bersama sejumlah pengurus ICMI lainnya menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk menyampaikan laporan hasil Silatnas dan rencana kegiatan ICMI ke depan.

Namun dalam kesempatan itu, Jimly mengaku pihaknya juga membahas masalah kondisi bangsa yang terjadi saat ini, khususnya menyangkut masalah ‎kebinekaan.

Kata Jimly, Jokowi sangat antusias mencermati masukan yang disampaikan para cendekiawan dan memandang bahwa kebinekaan ‎merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Juga bahwa kebinekaan tidak selayaknya memungkiri adanya perbedaan sebagai suatu keniscayaan.

Dalam kesempatan itu Jimly menyarankan kepada pemerintah, agar tidak melakukan penekanan terhadap masing-masing kelompok. Upaya ini dilakukan agar tidak mempengaruhi proses kerukunan antarumat beragama, khususnya ketika masyarakat sedang berada dalam suasana menjelang pilkada serentak di pertengahan Februari mendatang.

ICMI berharap suasana sekarang ini dapat dikelola dengan tepat, apalagi dalam momen menjelang pilkada. Artinya, sesudah pilkada selesai, diharapkan semua kembali berjalan normal.

Menurut Jimly, Jokowi sangat merespons kondisi terkini khususnya terkait masalah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat, terutama setelah adanya aksi 212 dan aksi-aksi sebelumnya yang menurutnya patut disyukuri. Hal itulah yang menyadarkan Presiden dan semua pihak bahwa kesenjangan sosial memang sedang terjadi di tengah masyarakat.

Menilik adanya kesungguhan dan keseriusan pemerintah untuk mengatasi masalah kesenjangan itu, ICMI pun menyatakan siap mendukung upaya pemerintah dalam menangani masalah tersebut.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *