Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 26 August 2018

Hotel Kapsul Gratis Untuk Jemaah Haji


Hotel Kapsul Gratis Untuk Jemaah Haji

islamindonesia.id – Hotel Kapsul Gratis Untuk Jemaah Haji

 

Rangkaian prosesi ibadah haji bagi umat Muslim dari seluruh dunia baru saja dimulai. Jutaan jemaah dari seluruh dunia datang berkumpul di kota suci, Mekah, untuk menunaikan rukun Islam yang kelima.

Menurut otoritas Arab Saudi, jumlah jemaah haji tahun ini meningkat tujuh persen dibandingkan tahun sebelumnya, yakni lebih dari dua juta orang.

Dikutip dari Metro.co.uk, akomodasi jemaah haji menjadi masalah pada tahun-tahun sebelumnya. Jumlah pengunjung yang begitu banyak, kepadatan hotel, juga peringatan cuaca dan banjir tahun ini membuat para jemaah haji kesulitan mencari tempat istirahat yang nyaman dan aman.

Kini, Arab Saudi menyediakan hotel kapsul untuk jemaah haji di Mina, Arab Saudi. Sejenis hotel yang biasanya ditemukan di Jepang.

Dengan konsep pemanfaatan ruang yang efisien, hotel kapsul diharapkan mampu memenuhi kebutuhan akomodasi dengan biaya lebih rendah, namun dengan kualitas prima.

Meski statusnya masih dalam tahap uji, hotel kapsul ini telah beroperasi sebanyak 30 unit secara gratis untuk jemaah haji yang ingin beristirahat sejenak.

Setiap polong fiberglass memiliki panjang kurang dari tiga meter, yang di dalamnya sudah termasuk kasur, seprai bersih, pendingin udara, dan cermin yang menyala di dinding.

Kepala Haji dan Mutamar Gift Charitable Association, Mansour al-Amer, mengatakan hotel kapsul ini memberikan kenyamanan dengan harga terjangkau untuk beristirahat.

“Kami selalu memikirkan para peziarah dan bagaimana membuat mereka lebih nyaman selama ritual haji,” kata al-Amer.

Dia berkata hotel kapsul ini sudah ada secara global, di Jepang, contohnya. “Kami percaya itu sangat cocok untuk tempat-tempat keramaian di tempat-tempat suci di Mekkah dan Madinah,” kata dia.

Setiap jemaah haji yang ingin memanfaatkan hotel kapsul ini, akan diberikan akses selama tiga jam dan kemudian diminta untuk menyerahkan kepada orang lainnya.

Pengelola akan mensterilkan setiap kapsul sebelum digunakan oleh penghuni lainnya.

“Kapsul bekerja melalui ekonomi berbagi, seperti sepeda yang dapat disewa selama satu jam dan kemudian digantikan orang lain,” kata dia.

Kapsul-kapsul itu merupakan tambahan untuk peluncuran prakarsa “haji pintar” Arab Saudi, yang bertujuan membantu para peziarah dengan segala sesuatu mulai dari rencana perjalanan hingga perawatan medis dan puluhan ribu lebih petugas keamanan di seluruh lokasi ziarah.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *