Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 24 September 2015

HOROR di MINA – Sedikitnya 310 Jamaah Haji Tewas Terinjak


IMG_1711

Saling injak di antara jamaah haji yang menuju tempat pelemparan jumrah di Mina, Arab Saudi, Kamis pagi menewaskan sedikitnya 310 orang dan melukai 450 jamaah lainnya, kata pejabat, membangkitkan kenangan kelam setengah lusin lebih tragedi serupa yang menewaskan sedikit 2.460 jamaah haji dari berbagai negara dalam 25 tahun terakhir.

Media lokal Saudi, Saudi Gazette, menyebut data korban saling injak  di Hari Idul Adha itu berasal dari otoritas keamanan sipil yang mengawasi keamananan prosesi haji haji. Media menyatakan operasi SAR sementara berlangsung. 

Saling injak terjadi di Jalan 204 di Mina, sekitar 10 kilometer di timur Mekkah.

Jalan 204 adalah satu dari dua ruas jalan utama menuju Jamarat, lokasi pelemparan jumrah.

Foto yang dipublikasikan pejabat di Twitter memperlihatkan petugas medis berupaya mengangkat jamaah yang bergelimpangan di jalan.

“Kami sementara memisahkan jamaah yang bergerak dalam rombongan besar dan memgarahkannya ke jalur alternatif,” kata penjelasan singkat otoritas Saudi di Twitter.  

Sekitar dua juta otang jamaah ikut serta dalam prosesi haji tahun ini. Ini duka yang kedua menimpa jamaah haji setelah horor crane patah di Masjidil Haram menewaskan sedikitnya 107 jamaah dan melukai ratusan lainnya pada 11 September.

Catatan Islam Indonesia, tragedi kali ini memperpanjang daftar horor kematian jamaah di seputaran Mina. Tercatat sejak 1990, Mina sudah tujuh kali menyaksikan kematian yang memilukan jamaah haji akibat insien saling injak. Total korban tewas sedikitnya 2.460 orang.

Insiden saling injak terburuk di Mina terjadi pada 1990 dengan korban tewas 1.460 orang.

RR/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *