Satu Islam Untuk Semua

Monday, 11 August 2014

Hati-hati Pilih Headphone


Huffington Post

Anda termasuk yang sering menggunakan iPod atau yang sejenisnya? Hati-hati, Anda bisa terkena gangguan pendengaran.

Begini mekanismenya, saat suara keras, misalnya ledakan, kebisigan pabrik atau bahkan gitar listrik masuk ke telinga Anda, suara ini akan mengenai gendang telinga Anda. Getaran di gendang telinga akan menggetarkan tulang kecil di telinga tengah yang juga akan membuat gelombang di dalam cairan di bagian dalam telinga bernama koklea. Nah, gelombang ini menggerakkan rambut-rambut miniscule yang bertugas mengubah suara menjadi impuls listrik. Impuls ini akan terhubung ke otak dan menyampaikan pada otak apa yang tengah Anda dengarkan. Gelombang yang terlalu besar bisa merusak rambut-rambut halus ini. Dan sayangnya, rambut-rambut halus ini tak mengenal istilah regenerasi.

Kabarnya, paparan suara panjang dan berulang yang melebihi 85 desibel bisa merusak pendengaran. Sementara, volume maksimal sebuah mp3 player melebihi 100 desibel.

Memang gangguan pendengaran akibat suara bising tidak bisa membuat Anda benar-benar tuli. Tapi kerusakan yang dipicunya bisa permanen. Jika Anda sulit mendengar percakapan di tengah keramaian atau mendeteksi nada tinggi, berarti Anda mulai kehilangan pendengaran.

Lalu bagaimana cara melindungi telinga kita? Kalau Anda tak bisa hidup tanpa pakai iPod, maka jangan sungkan merogoh kocek untuk membeli sepasang headphone atau earbud yang oke. Headphone atau earbud yang baik akan mencega suara-suara luar masuk ke dalam telinga Anda. Jadi Anda bisa mendengar dengan mudah musik tanpa harus mengeraskan volume sampai akhir.(A/Huffingtonpost)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *