Satu Islam Untuk Semua

Monday, 29 July 2013

Hamas-Hizbullah-Iran Kembali Merapat


militerhizbullah-52a55e67c1ebb

HAMAS dan Hizbullah mulai kembali mendekat. Hal itu diindikasikan dari pernyataan salah seorang pejabat HAMAS yang  mengabarkan bahwa kedua organisasi perlawananan tersebut baru-baru ini melakukan sejumlah pertemuan penting. Selain untuk menyelesaikan kesalahpahaman yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir, HAMAS dan Hizbullah menyatakan akan fokus terhadap perlawanan terhadap Zionisme Israel.

Dalam sebuah wawancara dengan Kantor Berita Prancis pada Sabtu (27/7), pejabat HAMAS yang bernama Ahmed Yousef itu menyatakan dirinya telah melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat Iran dan Hizbullah. Dalam pertemuan itu, ketiga pihak tak melewatkan untuk membahas penyelesaian perbedaan pendapat terkait masalah Suriah.

Terkait dengan agenda selanjutnya dan bersifat urgen, dalam pertemuan itu, kedua pihak menekankan masalah berlanjutnya kerjasama strategis dengan Iran berdasarkan prinsip musuh bersama yaitu rezim Zionis Israel. Mereka optimis hubungan HAMAS dan Iran di semua bidang akan segera dimulai kembali dan jauh akan lebih kuat.

Ada rencana dalam bulan ini, sebuah pertemuan lanjutan yang melibatkan pejabat yang lebih tinggi dari ketiga pihak akan dilakukan. Terkait soal tersebut, ada dua nama pejabat  tingi HAMAS  yang positif akan menghadiri pertemuan yang rencananya dilaksanakan di Palestina itu.

Beberapa waktu yang lalu, sejumlah pengamat Palestina mengabarkan kegembiraan rakyat menyusul tersiarnya kabar pulihnya kembali hubungan Iran dan Hamas dalam waktu dekat. Mereka optimis dengan merapatnya pihak-pihak tersebut, tingkat perlawanan terhadap Zionisme Israel akan kembali pulih dan malah semakin kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *