Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 13 August 2020

Haidar Bagir Raih Penghargaan Internasional Farabi


islamindonesia.id – Haidar Bagir Raih Penghargaan Internasional Farabi

Haidar Bagir, penulis buku-buku tentang Islam, Tasawuf, dan Pendidikan, yang juga Presiden Direktur Kelompok Mizan, meraih Penghargaan Internasional Farabi (Farabi International Award) yang ke-11.

Penghargaan Internasional Farabi adalah sebuah acara tahunan yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2007 untuk memberikan penghargaan kepada orang-orang yang telah menulis penelitian dalam bentuk buku, laporan, tesis, disertasi, atau studi tentang Iran dan Islam.

Acara ini diselenggarakan oleh Kementrian Sains, Penelitian dan Teknologi (the Ministry of Science, Research and Technology) Iran yang bekerja sama dengan UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation) dan OKI (Organisasi Konferensi Islam), serta beberapa lembaga studi di Iran.

Beberapa tokoh internasional ternama lainnya yang pernah mendapatkan penghargaan ini di antaranya William Chittick (penulis dan filsuf), Carl W. Ernst (profesor Studi Islam di University of North Carolina, Amerika Serikat), Michael Cook (sejarawan Cambridge, Inggris), Richard N. Frye (profesor Studi Iran di Harvard), Hamid Algar (profesor Studi Persia di Berkeley), dan masih banyak lagi.

Sementara pemenang-pemenang lainnya untuk Penghargaan Internasional Farabi yang ke-11 ini belum diumumkan secara resmi, Haidar telah menerima pemberitahuan dari Dr. Hossein Mirzaie, kepala Sekretariat Kementrian Sains, Penelitian, dan Teknologi Iran, bahwa dirinya telah memenangkan penghargaan dalam kategori Studi Islam dan Studi Iran.

Haidar rencananya akan mendapatkan penghargaannya di Tehran, Iran, pada 17 Agustus 2020, namun berhubung masih dalam suasana wabah Covid-19, maka pemberian penghargaan akan diwakilkan kepada staf dari Kedubes Indonesia di Iran.

PH/IslamIndonesia/Foto utama: Para pemenang Penghargaan Internasional Farabi yang ke-10 pada tahun 2019. Sumber: farabiaward.ir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *