Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 19 April 2023

Haedar Nashir: Sudahi Polemik dan Debat Kusir Soal Perbedaan Idulfitri


islamindonesia.id – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir angkat bicara soal polemik penolakan pelaksanaan Idulfitri di sejumlah daerah. Ia meminta agar perdebatan soal perbedaan pelaksanaan shalat Idulfitri disudahi.

“Pertama, perdebatan yang berkaitan dengan kemungkinan perbedaan Idulfitri 21 April dan 22 April kami imbau untuk dicukupkan, lebih-lebih yang menyangkut debat kusir yang membuat kita saling menegasikan saling merendahkan, saling membenci bahkan menghina satu sama lain, bahkan mungkin juga saling bermusuhan,” kata Haedar dalam konferensi pers di Kantor Pusat PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Selasa (18/4/2023).

Haedar mempersilakan agar perdebatan keilmuan dibuka ruang seluas-luasnya. Ia mengingatkan, Islam merupakan agama yang cinta ilmu. “Dan ilmu tidak boleh dengan kekuasaan, siapa pun dia. Ilmu harus terbuka,” ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap agar tokoh agama, tokoh Islam, umat dan warga untuk saling toleran, dan saling menghargai menyikapi perbedaan yang ada. Selain itu yang tidak kalah penting adalah mengambil manfaat dan nilai luhur puasa di bulan Ramadhan dengan Idulfitri serta rangkaian ibadah lainnya agar menjadi insan-insan yang lebih bertakwa.

Haedar juga mengimbau kepada kaum Muslimim yang menyelenggarakan Idulfitri 21 April agar tetap menghormati umat Islam yang masih berpuasa. Tidak boleh mentang-mentang sudah beridulfitri kurang menghargai yang masih puasa. 

“Dan tidak boleh membikin pernyataan-pernyataan yang justru mengganggu toleransi, sebaliknya juga kami harapkan untuk saling menghargai. Agar Idulfitri di hari Jumat maupun Sabtu betul-betul juga menggambarkan kedewasaan dan kematangan umat,” imbaunya.

“Terakhir, bagi pejabat negara baik yang 21, 22 tunjukanlah kedua khazanah, kebijaksanaan, kearifan sebagai milik rakyat, milik semua golongan, insya Allah lokasi apa pun jika dipakai untuk ibadah bahkan dua kali sekali pun di satu lokasi itu bahkan jadi berkah Allah,” imbuhnya. 

EH/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *