Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 28 November 2018

Haedar Nashir: Muhammadiyah Tak Akan Berpolitik Praktis


Haedar-Nashir-Muhammadiyah

islamindonesia.id – Haedar Nashir: Muhammadiyah Tak Akan Berpolitik Praktis

 

 

Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nahir menegaskan organisasinya akan selalu mengambil jarak dengan pergumulan politik praktis. Ia bilang, sikap ini sudah diterapkan Muhammadiyah sejak masa pendirinya, KH Ahmad  Dahlan, hingga kini.

“Itu sudah prinsip dan tidak bisa dirubah,” kata Haedar  ketika menghadiri Muktamar Pemuda Muhammadiyah XVII di Yogyakarta, seperti dilaporkan harian Tempo 27 November.

Penegasan ini sekaligus menjawab pernyataan mantan Ketua Umum Muhammadiyah Amien Rais. Amien mengatakan, akan menjewer Haedar jika Muhammadiyah tak bersikap dalam pemilihan presiden tahun depan. “Jangan sampai bilang terserah,” kata Penasihat Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini.

Di sela-sela Muktamar, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan apresiasinya kepada  sikap Muhammadiyah yang membebaskan warganya menentukan pilihan politiknya. Menurut Kalla, sikap ini seharusnya menjadi dasar bagi setiap organisasi di bawah naungan Muhammadiyah seperti Pemuda Muhammadiyah.

Apapun pilihan warga Muhammadiyah atau Indonesia pada pemilihan presiden, Kalla berharap kerukunan tetap dijaga. “Pilihan di bilik suara boleh berbeda, namun kerukunan harus dijaga,” kata pria yang juga memimpin Dewan Masjid Indonesia ini.

 

 

 

YS/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *