Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 18 July 2021

Haedar Nashir: Idul Adha di Rumah Saja dan Itu Tidaklah Berarti Mengurang-Ngurangi Agama


islamindonesia.id – Haedar Nashir: Idul Adha di Rumah Saja dan Itu Tidaklah Berarti Mengurang-Ngurangi Agama

Hari raya Idul Adha di Indonesia akan jatuh pada Selasa 20 Juli 2021. Meski demikian, sebagaimana diimbau oleh tokoh-tokoh ulama, pelaksanaannya akan berbeda dari biasanya mengingat pandemi masih belum mereda.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir juga menyerukan hal yang serupa, menurutnya Idul Adha tahun ini sebaiknya di rumah saja.

Dikutip dari akun Twitter-nya (17/7), Haedar mengungkapkan, bahwa “meniadakan salat Idul Adha di lapangan maupun di masjid karena adanya ancaman Covid-19 tidaklah berarti mengurang-ngurangi agama”.

Menurutnya, menghindari berkumpul dalam jumlah banyak adalah upaya untuk memutus rantai pandemi dan menghindarkan orang banyak dari paparan virus yang sangat mengancam jiwa ini.

Secara tegas, dia menyatakan, “Pandemi masih tinggi. Idul Adha di rumah saja, sesuai tuntunan Tarjih Muhammadiyah dan organisasi  Islam lain yang berfatwa memberi solusi beribadah di kala darurat.”

Selain itu, dalam pelaksanaan kurban, dia menyarakan agar biaya berkurban dapat dialihkan untuk orang-orang yang sangat memerlukan dan terdampak Covid-19, atau, jika mampu laksanakan kedua-duanya.

“Rumah itu juga musala yang di dalamnya setiap Muslim dapat beribadah sama khusyuknya, selain   tempat membina keluarga sakinah dan membangun generasi Qurrota ‘Ayunin (keturunan yang taat dan membahagiakan orang tuanya baik di dunia dan akhirat-red),” ujar Haedar.

Senada, pemerintah pun melalui Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, menyatakan bahwa tidak ada salat Idul Adha di masjid atau di lapangan dalam masa PPKM Darurat.

“Salat Idul Adha hanya bisa dilakukan di rumah. Tidak ada salat Idul Adha di masjid atau di lapangan dalam masa PPKM Darurat ini,” kata Yaqut dalam konferensi pers usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri, Jumat (16/7).

PH/IslamIndonesia/Foto utama: Twitter Haedar Nashir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *