Satu Islam Untuk Semua

Monday, 04 November 2013

Hadapi Islamofobia, Muslim AS Butuh Islamic Center


Umat Islam AS membutuhkan masjid atau Islamic Center guna melindungi mereka dari peningkatan kecurigaan masyarakat AS terhadap Islam dan Muslim atau Islamofobia. Itu sebabnya bermunculan organisasi Islam seperti Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) atau Islamic Center New York. 

“Kurangnya organisasi Islam membuat Muslim AS sulit menceritakan kisah dan narasi mereka sendiri,” ungkap Khalid Latif, ustadz New York University, seperti dikutip bbc.co.uk, Senin (4/11). 

Menurut Khalid, setiap Muslim AS berusaha mengintegrasikan keyakinannya ke dalam masyarakat AS. Ini yang disadari bahwa usaha itu akan mendapat banyak perlawanan. 

Soal ini, profesor Georgetown University, Jose Casanova menilai jika Muslim AS bertahan dengan gempuran itu maka akan ada perbedaan besar. “Jika Anda memiliki pemimpin yang berkomitmen soal itu, maka mereka dapat membawa masyarakat,” kata dia. 

Itu sebabnya, menurut Khalid, penting sebuah organisasi menyiapkan pendidikan. Masjid dan Islamic Center merupakan wadah mendidik dan menjangkau. Jika benar itu dilakukan, efeknya begitu luar biasa. 

“Sayang, belum sepenuhnya ini dilakukan,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *