Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 10 April 2019

Habib Luthfi Terpilih sebagai Pemimpin Forum Sufi Dunia


islamindonesia.id – Habib Luthfi Terpilih sebagai Pemimpin Forum Sufi Dunia

Konferensi Ulama Sufi Internasional yang diselenggarakan oleh Forum Sufi Dunia (World Sufi Forum) digelar pada 8-10 April 2019 di Pekalongan, Jawa Tengah. Acara tersebut dihadiri oleh ulama sufi dari 91 negara, dan tidak kurang 2.000 mursyidin dari seluruh Indonesia.

Beberapa ulama dunia yang hadir di antaranya adalah Syaikh Adnan Afyouni (Mufti Damaskus-Syria), Syaikh Riyadh Bazou (wakil ketua Persatuan Ulama Thasawuf dunia-Libanon), dan Syaikh Aziz Kobaiti (IACSAS- Maroko).

Pada salah satu rangkaian acara pengukuhan Forum Sufi Dunia, Selasa (9/4) malam, Habib Luthfi bin Yahya, ulama Indonesia asal Pekalongan, yang juga merupakan Rais Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN), didaulat untuk menjadi pemimpin Forum Sufi Dunia.

Syaikh Adnan, sebelumnya menanyakan persetujuan pengangkatan Habib Luthfi sebagai pemimpin organisasi yang baru dibentuk ini kepada seluruh peserta yang hadir, dan secara aklamasi mereka mengacungkan tangannya sebagai tanda setuju.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya,” kata Habib Luthfi sebagaimana dilansir dari NU Online.

Habib Luthfi lalu meminta kepada seluruh peserta untuk membantu menjadikan organisasi ini sebagai model organisasi Islam di dunia.

“Kita melihat perkembangan dalam dunia Islam terbentuk hisbiyah, organisasi, nidzamiyah, kurang bisa kita harapkan memajukan Islam,” ujarnya.

Sebab, katanya, menjadi pemimpin organisasi dunia bukanlah hal yang mudah, tetapi perlu kerja sama. Bukan sekedar dengan Universitas Al-Azhar sebagai lembaga pendidikan tua di Timur Tengah, atau Suriah, atapun Sudan saja, melainkan seluruhnya.

“Jangan hanya memandang dengan pujian, tapi tolong dengan dakwah,” pungkas Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu.

PH/IslamIndonesia/Photo: World Sufi Forum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *