Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 09 April 2019

Habib Lutfi: Tasawuf Berperan Penting Dalam Menciptakan Perdamaian Dunia


islamindonesia.id – Habib Lutfi: Tasawuf Berperan Penting Dalam Menciptakan Perdamaian Dunia


Maulana Habib Lutfi bin Ali bin Yahya merasakan kebahagiaan yang luar biasa karena bisa bertatap muka dengan para ulama sufi yang datang dari berbagai negara. Hal itu disampaikan oleh Habib Lutfi selaku Rais Am Jamiyah Ahlu Thoriqoh Al Mutabaroh An Nahdiyyah (Jatman) dalam pembukaaan World Sufi Forum di Kajen, Pekalongan, Senin (8/4/2019)

Menurutnya, saat ini peranan Thoriqoh Sufi dan ulama Tasawuf sangat di butuhkan masyarakat di tengah kekacauan dunia.

“Dengan munculnya pertikaian di berbagai belahan dunia seperti perang dan saling hujat, maka satu-satunya jalan yang bisa membersihkan hati, meluruskan niat, memperbaiki pola pikir di setiap negara adalah tasawuf,” katanya dihadapan sekitar 3500 hadirin itu.


Menurut ‘Habib NKRI’ ini, dengan sering berkumpulnya para ulama akan menimbulkan saling taaruf, mengerti hak asasi manusia masing-masing.

“Sering kumpulnya umat Islam,  bisa saling  menghormati antar bangsa, utamanya umat Islam, sebagai simbol persatuan dunia,” katanya.

Habib asal Pekalongan itu mengungkapkan bahwa acara yang menghadirkan 87 ulama sufi dari 36 negara adalah hasil dari kerja keras yang cukup lama. Baik dengan Menteri Pertahanan RI dan berbagai pihak, sehingga acara akbar itu bisa terlaksana pagi itu.


Hadir pula dalam acara tersebut Menteri Pertahanan RI, Riyamizard Ryacudu. Sumber poto: Islamindonesia.id


“Saya berharap para mursyid bisa menentukan sikap dari hasil forum nanti, bagaimana menghidupkan sufi dan Toriqoh, baik ekonomi, keumatan dan lain sebagainya,” paparnya

Habib juga berharap, para ulama Sufi nantinya bisa menjalin hubungan baik dengan negaranya masing-masing,  sehingga bisa memperkuat negaranya dan menjadikan rasa aman bagi masyarakat.

Kita semua dikumpulkan karena sama-sama mencitai Rasulullah. Kita semua mendambakan di akhirat kelak dikumpulkan bersama orang-orang yang mencintai Allah dan Rasulullah, pungkasnya.

Muh/ Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *