Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 04 March 2018

Habib Aydarus bin Sumayt Syahid di Atas Sajadah


Hb-Aydarus-bin-Sumayt

islamindonesia.id – Habib Aydarus bin Sumayt Syahid di Atas Sajadah

 

Kabar duka datang dari Kota Tarim, Hadramawt. Seorang Ulama besar Habib Aydarus bin Sumayt syahid ditembak ketika hendak melaksanakan sholat dhuha. Beliau rubuh di atas sajadahnya.

Dikutip dari laman muwasala.org, pada Jumat, 2 Maret 2018, pagi itu pintu rumah beliau diketuk oleh seseorang yang mengaku sakit. Ia meminta Habib Aydarus membacakan beberapa ayat suci bagi kesembuhannya. Setelah mempersilahkan tamu tersebut masuk, Habib memohon izin sejenak untuk melaksanakan sholat dhuha dan akan kembali lagi setelahnya. Namun ketika beliau beranjak akan sholat, tamu tersebut melepaskan beberapa tembakan, dan Habib pun tewas seketika di atas sajadahnya disaksikan oleh istrinya.

Masih dikutip dari laman muwasala.org, Habib Aydarus adalah sosok yang sangat dicintai oleh masyarakat Tarim. Beliau memiliki kerendahan hati yang luar biasa dan tidak pernah bisa menolak tamunya. Beliau dikenal sebagai tokoh spiritual dan ahli dalam pengobatan. Hampir tidak ada orang di Tarim atau pengunjung ke kota tersebut yang tidak pergi ke rumahnya yang terletak di samping Masjid al-Mihdar. Keperluan mereka beragam, mulai dari berobat hingga memohon doa untuk hajat mereka.

Ia lahir pada tahun 1352 (1933) dan selama bertahun-tahun beliau beraktifitas sebagai imam Masjid al-Mihdar, salah satu masjid utama dan paling bersejarah di kota Tarim.

Belum jelas sejauh ini siapa pembunuhnya. Namuan sebagaimana yang dikutip dari arrahmahnews.com, Kota-kota di provinsi Hadramout semakin sering menyaksikan pembunuhan dan pengeboman makam-makam mulia oleh kelompok bersenjata al-Qaeda.

 

AL/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *