Satu Islam Untuk Semua

Friday, 20 January 2017

Habib Ali Zainal Abidin: Yang Merusak Islam adalah Muslim Sendiri


habib ali zainal abidin

islamindonesia.id – Habib Ali Zainal Abidin: Yang Merusak Islam adalah Muslim Sendiri

 

Mengutip Surah Al-Maidah ayat 3, Habib Ali Zainal Abidin menjelaskan terkait kata ‘agama’ yang dinisbahkan kepada ‘kamu’ sebagaimana firman Allah, “Pada hari ini telah Kusempurnakan untukmu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Kuridhai Islam itu jadi agama bagimu.”

Mengapa agama ini dinisbahkan oleh Allah kepada kamu? Tidak dinisbahkan kepada Allah Swt?” kata Habib Ali dengan dialek khas Melayu.

Karena, lanjut Habib Ali, yang dapat memperlihatkan kemurnian agama adalah “kamu”, demikian juga sebaliknya.  Walau agama itu tidak buruk, tapi jika orang Islam, – melalui perbuatannya yang mengatasnamakan ajaran ini – adalah buruk maka agama diperkenalkan dengan buruk.

“Jadi yang dapat menunjukkan hebat dan indahnya agama adalah orang Islam sendiri,” katanya menjelaskan Al Maidah ayat 3 kepada jemaah yang hadir.

[Baca juga- Habib Ali Zainal Abidin: Jangan Menghukumi Orang Kafir Lebih Hina dari Dirimu]

Ia pun memberi contoh bagaimana pandangan masyarakat Barat dibuat keliru tentang agama Islam yang indah ini oleh orang Islam sendiri. Dengan dasar Al-Baqarah ayat 191, sejumlah orang Islam menyerukan “bunuhlah mereka dimana saja kamu jumpa mereka.”

“Dalil Al-Qur’an ada, tapi tidak dibahas secara keseluruhan,” tegasnya.

Padahal, kata Habib Ali, dalam Al-Qur’an disampaikan, “Alllah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.” (QS. al-Mumtahanah: 8)

“Aih, bukankah tadi disuruh bunuh? Iya, sebab dia tak membaca secara keseluruhan,” kata Habib Ali.

Hal ini tidak berbeda ketika orang membaca ayat Al-Qur’an,  “Celakalah orang yang shalat.” Kalau hanya berhenti sampai di sini,  lalu untuk apa kita shalat?

“Baca selengkapnya ayat itu…” katanya.

Yang terjadi di sebagian umat Islam ialah membaca ayat “sepotong”, belajar Islam secara instan, lalu mau menjadi pejuang atau mujahidin dalam agama Islam.

“Tunggu dulu… Allah merahmati orang yang tahu kadar dirinya itu siapa. Ukur baju dengan badan sendiri,” katanya

Kalau menyadari hanya tahu sedikit dari kadar ilmu, memahami kejahilan dirinya, “Janganlah jadi pahlawan Agama, sementara agama melaknat  orang yang mendakwa dirinya (sebagai) pahlawan agama.”[]

Berikut video rekaman ceramah Habib Ali Zainal Abidin:


YS/ islam indonesia

One response to “Habib Ali Zainal Abidin: Yang Merusak Islam adalah Muslim Sendiri”

  1. lalu bagaimana terhadap orang yang ingin memecah belah agama,bagaimanakah sikap yg baik dari kita?
    mohon jawabannya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *