Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 27 February 2020

Habib Ali al-Jufri: Virus Corona Tidak Ada Hubungannya dengan Agama


islamindonesia.id – Habib Ali al-Jufri: Virus Corona Tidak Ada Hubungannya dengan Agama

Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman al-Jufri, atau biasa disebut Habib Ali al-Jufri saja, ulama kenamaan asal Arab Saudi yang masih keturunan Nabi Muhammad SAW ini baru-baru ini mengomentari tentang isu Virus Corona yang tengah mewabah di Wuhan, China.

Di dalam akun Twitter-nya (7/2), Habib Ali mengatakan bahwa mereka yang terjangkit virus tersebut, bukan disebabkan karena azab ilahi.

“Mencaci maki mereka yang yang menderita penyakit Corona di China, dan menggambarkannya sebagai azab ilahi atas perlakuan rasis terhadap rakyat Uighur; itu tiada lain adalah wacana rasis yang salah yang tidak ada hubungannya dengan agama, moral, atau manusianya,” tutur Habib Ali.

Lebih lanjut, Habib Ali yang merupakan murid sekaligus sahabat dari Habib Umar bin Hafiz, Yaman ini, mengatakan, “Saya berdoa kepada Allah Yang Mahakuasa, Penguasa Singgasana Besar, untuk menyembuhkan pasien-pasien Corona di China dan di mana pun, serta menyembuhkan setiap pasien (sakit yang lainnya), karena Dia sangat baik terhadap semua hamba-Nya.”

Arab Saudi Tolak Jemaah Umrah

Perkembangan terbaru tentang Virus Corona, Pemerintah Arab Saudi untuk sementara menghentikan kedatangan semua jemaah umrah dari luar negaranya. Penghentian ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona di negara tersebut.

Jemaah umrah dari sejumlah negara, termasuk dari Indonesia, untuk sementara waktu ditangguhkan. Selain umrah, ada juga larangan sementara mendatangi Masjid Nabawi.

Dilansir kantor berita Arab Saudi, SPA, Kamis (27/2), dikutip dari Kumparan, kebijakan itu diambil Kementerian Luar Negeri Arab Saudi atas rekomendasi Kementerian Kesehatan. Pemerintah Saudi menyatakan langkah pencegahan Virus Corona itu bersifat sementara dan akan terus dievaluasi.

Selain menghentikan kedatangan jemaah umrah dari semua negara, Arab Saudi juga menangguhkan kedatangan orang-orang dengan visa turis dari negara-negara dengan risiko penyebaran Virus Corona.

Menurut Kemendagri Arab Saudi, adapun negara-negara tersebut adalah China, Iran, Italia, Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Irak, Filipina, Singapura, India, Lebanon, Suriah, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia, dan Vietnam atau negara lain yang menunjukkan adanya peningkatan kasus Virus Corona.

PH/IslamIndonesia/Foto utama: Egypt Independent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *