Satu Islam Untuk Semua

Friday, 13 May 2022

Gus Mus Tekankan Pentingnya Keteladanan Kiai untuk para Santri


islamindonesia.id – Saat memberikan tausiyah dalam Haflah Khatmil Qur’an dan Haul KH Abdullah Zaini dan masyayikh Pesantren Al-Fattah Setinggil Demak, Kamis (12/5/2022), Gus Mus yang juga Pengasuh Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh Rembang mengatakan bahwa para kiai harus mampu memosisikan diri sebagai panutan dan teladan di mata santri, umat atau jemaah yang dipimpinnya, karena keteladanan kiai akan membantu santri dan umat dalam memahami dan menjalankan ajaran Islam.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) mengatakan, dahulu pada zaman Nabi Muhammad s.a.w masih hidup, para sahabat dapat dengan mudah menjalankan ajaran Islam, karena setiap menghadapi kesulitan dapat bertanya langsung kepada Rasulullah s.a.w dan langsung mendapat jawaban.

“Atau pertanyaan itu dapat terjawab melalui perilaku dan tindakan Nabi dalam kehidupan sehari-hari yang langsung dapat diketahui dan diteladani saat itu juga,” kata Gus Mus.

Gus Mus juga menekankan bahwa momentum acara haul auliya, ulama, dan orang-orang saleh perlu dimassifkan. Di dalam majelis haul itulah terdapat kesempatan untuk mengungkapkan berbagai kebaikan dan kasalehan sosok yang tengah dihauli, sehingga diharapkan akan diteladani santri dan umat.

Seperti almarhum Kiai Abdullah Zaini dan masyayikh Pesantren Al Fattah Demak ini, terang Gus Mus, mereka selama mengasuh santri baik yang ada di pesantren maupun di masyarakat banyak perilaku yang dapat dijadikan teladan.

“Mulai dari welas asihnya kepada santri, memimpin keluarga, berhubungan dengan tetangga, berkomunikasi dengan orang yang lebih tua usianya dan sebagainya, itu semua akan diteladani para santrinya,” ujar Gus Mus.

Lebih lanjut Gus Mus menambahkan bahwa penyelenggaraan haul secara langsung akan membantu para kiai dan pengasuh pesantren dalam membangun akhlak santri melalui upaya-upaya keteladanan yang diperankan orang-orang saleh terdahulu.

EH/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *