Satu Islam Untuk Semua

Friday, 05 October 2018

Gus Mus: Orang yang Diuji Kenikmatan Justru Rentan Tidak Lulus


Gus Mus Minta Kiai Ma’ruf Amin Lepas Jabatan Rais Aam PBNU

islamindonesia.id – Gus Mus: Orang yang Diuji Kenikmatan Justru Rentan Tidak Lulus

 

 

Melalui ujian, seorang pelajar dapat naik peringkat atau kelas. Demikian juga Allah apabila ingin menaikkan derajat hambanya, Dia akan mengujinya.

“Dari ujian, kualitas hamba Allah akan bisa dilihat,” kata KH. Ahmad Mustafa Bisri dalam kajian Sendi-sendi Islam di GusMus Channel, 27 Juli.

Namun ujian itu tidak selamanya berupa derita dan kesusahan seperti tertimpa bencana alam atau penyakit. Ujian juga dapat berupa kenikmatan seperti menerima kekayaan dan jabatan.

“Ujian berupa kenikmatan menurut saya justru lebih berat,” kata pria yang akrab disapa Gus Mus ini.

Ia bilang, banyak orang yang diuji dengan kesengsaraan berhasil bertahan dengan kesabaran dan ketabahan. Namun ketika diuji dengan jabatan, mereka justru tidak lulus.

“Mereka enggan bersyukur,” kata Pengasuh Ponpes Raudhatu Thalibin Rembang ini.

Ini seperti orang bertambah angkuh setelah diberikan sedikit kepandaian dari Allah. Ia merendahkan orang lain dan mengangap dirinya paling pintar.

Karena itu, menurut Gus Mus, selain bersiap menghadapi ujian berupa penderitaan, seorang muslim juga seharusnya waspada dengan ujian berupa kenikmatan. Seperti pepatah Arab yang menyebutkan: fil imtihan yukromul mar’u aw yuhanu, dia berkata, “Di dalam ujian inilah, orang akan dimuliakan atau direndahkan.”

 

 

 

YS/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *