Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 29 August 2015

Gus Mus: Jangan-jangan Konsep Tuhan, Agama dan Kemanusiaan Kita Keliru


gusmus

Pemangku negeri ini banyak yang tidak mengenal kehidupan, Tuhan dan kemanusiaannya, kata KH A. Mustofa Bisri, buktinya banyak yang tidak mampu ‘memanusiakan’ orang lain.

“Pimpinan, anggota DPR, semua yang di atas harus jadi manusia dulu,” kata ulama yang juga budayawan ini dalam pengajian kebangsaan di Semarang, Kamis.

Menurut Gus Mus, banyak orang sekarang ini berebut kekuasaan semata sehingga tidak tahu apa yang mau dilakukan setelah berkuasa. “Orang-orang seperti itu sebenarnya tidak memahami konsep kehidupan dan Tuhan.”

Sebab manusia ditunjuk sebagai wakil Tuhan di muka bumi, katanya, semestinya harus mempunyai sifat-sifat ketuhanan. Seperti pengasih dan penyayang, bukan malah saling memusuhi dan bertikai atas nama kebenaran dan Tuhan.

“Ada semangat mencintai, tetapi tidak disertai semangat pengenalan. Ingin menyenangkan Tuhan, tetapi justru tidak mengenal Tuhan. Merasa selalu benar dan menyalahkan orang lain,” katanya.

Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin Rembang ini meminta agar mengoreksi ulang konsep agama, Tuhan, dunia dan Indonesia yang selama ini dianggap matang. karena bisa jadi keliru.

Jangan-jangan pandangan orang-orang selama ini terhadap Tuhan dan agama itu ternyata keliru, katanya.

MA/IslamIndonesia. Foto: Gusmus.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *