Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 01 May 2018

Grand Syekh Al-Azhar Kembali Hadiri KTT Ulama Dunia di Indonesia


Grand Syekh Al-Azhar Kembali Hadiri KTT Ulama Dunia di Indonesia

islamindonesia.id – Grand Syekh Al-Azhar Kembali Hadiri KTT Ulama Dunia di Indonesia

 

Tahun ini, ajang High Level Consultation (HLC) of World Muslim Scholars atau Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia kembali digelar.

Sesuai jadwal, perhelatan ini akan dilangsungkan sejak 1 Mei hari ini sampai dengan tanggal 3 Mei 2018 yang akan datang bertempat di Bogor, Jawa Barat.

Direncanakan setidaknya 50 tokoh ulama dan intelektual Muslim dari seluruh dunia bakal hadir dalam acara tersebut. Salah satunya adalah Grand Syekh Al-Azhar, Ahmad Muhammad Ath-Thayeb, yang sudah tiba di Tanah Air pada Senin (30/4/2018) kemarin.

Grand Syekh Al-Azhar yang datang khusus dari Kairo Mesir ini tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 15.00 WIB dan disambut langsung oleh Presiden Jokowi.

Terkait kedatangan Ath-Thayeb, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa kunjungan ini sangat penting karena secara keseluruhan Al-Azhar memiliki misi yang sama dengan Indonesia dalam mengusung prinsip Islam Wasathiyah.

“Oleh karenanya bebagai macam problem dunia dan tantangannya seperti radikalisme, ekstremisme dan terorisme itu hanya bisa diatasi dengan bagaimana kita mampu menerapkan nilai-nilai Islam wasathiyah. Lewat KTT yang dihadiri ulama Islam terkemuka di dunia inilah kita akan meneguhkan komitmen bersama untuk menyebarkan nilai Islam Wasathiyah,” kata Menteri Agama seperti dilansir di laman Kemenag.

Selain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, ikut mendampingi Presiden, Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP), Din Syamsuddin dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Selain menghadiri KTT Ulama Dunia, Grand Sheikh Al-Azhar yang berada di Indonesia hingga Rabu 2 Mei 2018 juga dijadwalkan bertemu dengan Ketua PBNU KH Said Aqil Siroj dan melakukan kunjungan ke sejumlah daerah seperti Bogor, Solo, dan Ngawi, Jawa Timur.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *