Satu Islam Untuk Semua

Friday, 19 July 2013

Gerilyawan Kurdi Usir Kelompok Militan Suriah


Berusaha untuk menguasai Ras al-Ain (sebuah kawasan di sekitar perbatasan  Suriah dan Turki), kelompok pemberontak Suriah yang terkait dengan Al Qaeda, Front Al Nusra diusir oleh gerilyawan Kurdi Suriah dari Partai Uni Demokrat (PYD) pada Selasa (15/7).

Berita bentrok berujung kekalahan Al Nusra tersebut ditegaskan oleh Organisasi Syrian Observatory for Human Right. Organisasi yang berbasis di Inggris itu melansir  berita 29 orang tewas dalam pertempuran itu. Pertempuran yang berawal dari penyerangan para militan al-Nusra  terhadap satu patrol gerilyawan Kurdi kemudian meluas meluas  hingga ke ladang minyak, sekitar 200 kilometer sebelah timur Ras al-Ain di Provinsi Hassakeh yang mayoritas penduduknya Kurdi.

Militer Turki yang  menyebut PYD  dan para gerlyawan Kurdi di Suriah sebagai “organisasi teroris separatis.” Namun di Turki sendiri, belakangan ini, pemerintah Ankara sendiri lebih memilih proses perdamaian dengan kelompok suku Kurdi yang menginginkan wilayah berdaulat di luar pemerintah Turki. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *