Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 31 January 2018

Gerhana Bulan di Bali: Muslim Shalat Gerhana, Umat Hindu Upacara Purnama


Gerhana Bulan di Bali Muslim Shalat Gerhana, Umat Hindu Upacara Purnama

islamindonesia.id – Gerhana Bulan di Bali: Muslim Shalat Gerhana, Umat Hindu Upacara Purnama

 

Puluhan masjid di Bali turut menggelar shalat gerhana bulan malam ini. Shalat sunnah itu diperkirakan ditunaikan oleh puluhan ribu umat Islam di Bali.

“Denpasar ada 12 masjid yang melaksanakan, Badung ada 4 masjid, Singaraja ada 3 masjid, Gianyar ada 1 masjid dan Klungkung ada 9 masjid,” kata Kasi Urais Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, Hj Any Hani’ah, di kantor BMKG Wilayah III, Jl Raya Kuta, Badung, Bali, Rabu (31/1/2018) malam.

Angka ini diperkirakan lebih besar karena masih ada daerah lainnya seperti Karangasem, Buleleng, Bangli, Jembrana dan Tabanan. Uniknya, shalat gerhana ini bersamaan dengan upacara Purnama di pura-pura masyarakat Hindu-Bali.

“Kita bersyukur bertemu dengan gerhana yang sangat jarang ini, tapi karena cuaca sehingga tidak bisa kita maksimal melihat,” ujar Any.

Any menjelaskan, shalat gerhana adalah sunnah yang menandai kebesaran Allah SWT. Shalat ini juga diharapkan ditunaikan masyarakat untuk wujud syukur, kebaikan dan berzikir.

“Dulu Rasulullah ditinggal oleh putranya yang meninggal dan saat itu terjadi gerhana matahari. Orang-orang Quraish mengatakan gerhana itu karena alam ikut berduka tapi Nabi Muhammad SAW menyatakan matahari dan bulan adalah tanda kekuasaan Allah SWT,” ucap Any.

“Jadi ini merupakan tanda kebesaran Allah SWT yang harus disyukuri. Sehingga Nabi Muhammad SAW memerintahkan gerhana disunnahkan untuk shalat, kemudian perbanyak doa dan dzikir,” pungkasnya.

Any menambahkan fenomena gerhana bukan fenomena mistis, melainkan tanda agungnya kuasa Tuhan. Sehingga, Any menambahkan, apapun yang dikehendaki oleh Yang Maha Kuasa maka terjadilah.

“Gerhana urusan alam dan itu menunjukkan tanda kebesaran Tuhan. Tidak ada (tanda lain) selain itu. Jadi kita sebagai makhluk ciptaan-Nya, harus tetap beriman dan percaya bahwa Allah Mahakuasa segalanya. Apapun yang Tuhan kehendaki, pasti terjadi, intinya seperti itu,” tandas Any.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *