Satu Islam Untuk Semua

Friday, 26 May 2017

Gerakan Madrasah Peduli Masjid, Aksi Bersih-Bersih Masjid Jelang Ramadan


Gerakan Madrasah Peduli Masjid, Aksi Bersih-Bersih Masjid Jelang Ramadan

islamindonesia.id – Gerakan Madrasah Peduli Masjid, Aksi Bersih-Bersih Masjid Jelang Ramadan

 

Menjelang bulan Ramadan yang penuh berkah, umat muslim berlomba-lomba menerapkan amal kebajikan. Gaungnya pun sudah terasa sejak jauh hari sebelum memasuki masa ibadah puasa.

Hal ini seperti yang dilakukan civitas Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dengan menggelar kegiatan madrasah peduli masjid.

Program ini merupakan suatu gerakan yang mengajak para siswi untuk bergotong-royong membersihkan lingkungan masjid yang ada di sekitar sekolah mereka.

Wakil Direktur III Bidang Kesiswaan, Unik Rasyidah mengatakan, ada 14 masjid dan mushala yang menjadi titik gerakan madrasah peduli masjid. ‘’Lokasi tempat ibadah itu tersebar di empat kampung yakni Notoprajan, Suronatan, Kauman, dan Ngadiwinatan.

Kegiatan ini dilaksanakan serentak selama satu hari pada Kamis (25/5/2017) dengan melibatkan seluruh siswa mulai kelas I sampai VI berjumlah 1.080 murid, dan karyawan madrasah termasuk guru.

Mereka tampak semangat membersihkan lingkungan masjid mulai dari bagian halaman, tempat wudhu, dan toilet. ‘’Alhamdulillah program ini mendapat respons baik dari kalangan pengurus dan takmir masjid, serta tokoh masyarakat setempat. Mereka merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan tersebut,” kata Unik.

Namun sejatinya, lanjut dia, kegiatan ini tidak hanya mendatangkan manfaat bagi pihak takmir namun juga para siswi madrasah. Mereka menjadi lebih memaknai keberadaan masjid dan musola, serta meningkatkan tali silaturahmi dengan kalangan takmir.

Di sisi lain, aksi bersih-bersih ini diharapkan bisa meningkatkan kekhidmatan dan kekhusyukan jamaah saat menjalankan ibadah di masjid atau mushola. Hal ini sebagaimana tuntutan dalam Islam yang mengajarkan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

Direktur Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Agustyani Ernawati menambahkan, kegiatan masjid secara serentak baru kali ini diadakan. Sebelumnya memang ada permintan dari takmir agar siswi diikutsertakan untuk membantu bersih-bersih tempat ibadah di sekitar asrama. “Merasakan banyaknya manfaat yang diperoleh, ke depan kami akan menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin,” katanya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *