Satu Islam Untuk Semua

Friday, 02 June 2017

Gelar Upacara Pakai Sarung, Cara Santri Peringati Hari Lahir Pancasila


islamindonesia.id – Gelar Upacara Pakai Sarung, Cara Santri Peringati Hari Lahir Pancasila

 

Penetapan 1 Juni sebagai peringatan Hari Lahir Pancasila oleh Pemerintah Republik Indonesia, disambut antusias berbagai elemen masyarakat. Di antaranya adalah para santri di Pondok Pesantren Baitussalam, Desa Tampo, Kecamatan Cluring, Banyuwangi Kamis sore, (1/6/2017).

Mereka menggelar upacara bendera lengkap dengan pembacaan teks Pancasila sebagaimana upacara pada umumnya. Namun, menariknya, mereka menggunakan seragam yang menunjukkan ciri khas kesantriannya, yaitu sarung dan kopiah.

“Kami sengaja mengenakan sarung dan kopiah dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini, untuk menegaskan kepada para santri, bahwa kami ini, para santri, memiliki andil dalam merumuskan Pancasila,” ungkap pembina upacara dan salah seorang mundzir PP. Baitussalam, Gus Fikri Aditya.

Selain itu, lanjut Gus Fikri, upacara peringatan Pancasila di pesantren juga ingin menegaskan bahwa Pancasila tidak bertentangan dengan nilai-nilai keislaman. Sampai saat ada beberapa gelintir umat Islam di Indonesia yang masih mempertentangkan antara Islam dan Pancasila.

“Pesantren sebagai salah satu simbol Islam di Indonesia, ingin menunjukkan bahwa Pancasila dan Islam itu bisa selaras,” paparnya.

Di pesantren tersebut, penguatan nilai-nilai kebangsaan dan Nasionalisme juga ditekankan. Tidak hanya berupa seremonial upacara, tapi dalam belajar mengajar sehari-hari juga diberikan materi-materi yang berkaitan dengan kebangsaan. Baik di dalam pesantren sendiri, maupun di SMP NU Baitussalam.

“Bagi kami, penguatan ilmu keagamaan harus juga dilengkapi dengan semangat kebangsaan dan Nasionalisme. Karena, tidak mungkin agama bisa berkembang dengan baik, jika tak memiliki tanah air,” pungkas Fikri.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *