Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 12 July 2018

Geger Temuan Al-Quran Diduga Dipalsu


islamindonesia.id – Geger Temuan Al-Quran Diduga Dipalsu

 

Penemuan Al-Quran berwarna biru tua bertuliskan Wakaf Mushaf Al Madinah di sebuah masjid, di Teluk Pandan, Kutai Timur, Kalimantan Timur, membuat heboh warga. Al-Quran tersebut mengandung keanehan.

Sejumlah warga yang sempat membaca Al-Quran itu menduga palsu. Sebabnya, lafal Allah yang ada dalam Al-Quran tersebut dianggap tidak lazim.

Warga kemudian melaporkan hal itu ke Kementerian Agama Kutai Timur.

Kepala Kemenag Kutai Timur, Ambotang, menjelaskan, Al-Quran tersebut bersampul warna biru dihiasi tinta emas. Dia mengaku sempat membandingkan Al-Quran tersebut dengan Al-Quran yang biasa dipakai di Indonesia.

Menurut Ambotang, terdapat perbedaan dalam penulisan lafal Allah. Lazimnya, lafal Allah ditulis dengan harakat fathah tegak panjang di atas, sedangkan pada Al-Quran yang dipersoalkan warga tertulis fathah miring.

“Semua kalimat Allah berubah. Sudah kami bandingkan. Yang benar adalah memanjang ke atas. Jika dibaca akan berbeda. Satu Allah atau Alloh dalam bacaan bahasa Arab, satunya Ala,” kata Ambotang.

Ambotang mendapat informasi dari warga, Al-Quran tersebut berasal dari perusahaan tambang. Terdapat stempel perusahaan tersebut di bagian sampul.

Terkait temuan ini, Ambotang mengatakan pihaknya perlu berkonsultasi lebih dulu dengan sejumlah pihak.

“Hal ini akan kami bicarakan internal dulu. Setelah itu, kami akan bahas pada semua tokoh agama, khususnya MUI,” tutur dia.

Ambotang meminta warga melapor ke Kemenag jika kembali menemukan Al-Quran serupa. Hal ini mengingat dampak yang ditimbulkan bisa sangat berbahaya.

“Sangat membahayakan. Ada keganjian di dalamnya. Perlu ditelusuri dulu. Untuk itu, silakan warga menyerahkan kepada kami,” kata dia.

 

EH / Islam Indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *