Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 28 January 2023

Gantikan Musdah Mulia, Abdul Mu’ti Pimpin Organisasi Perdamaian Lintas Agama


islamindonesia.id – Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.ed, terpilih sebagai Ketua Umum Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) periode 2023-2028.

ICRP sendiri adalah organisasi nirlaba, non-sektarian, non-pemerintah dan independen yang didedikasikan untuk memajukan dan mempromosikan dialog antaragama, demokrasi dan perdamaian di Indonesia dan berdiri sejak 12 Juli 2000.

ICRP didirikan oleh para pemuka agama dari berbagai agama dan kepercayaan di Indonesia. Upaya ICRP mendorong dialog membangun kehidupan beragama yang demokratis, humanis dan pluralis.

ICRP bersama dengan berbagai lembaga maupun individu yang memperjuangkan pluralisme dan perdamaian lebih menekankan pada upaya menegakkan keadilan dalam berbagai perspektif: gender, HAM, spiritualitas, ekonomi, sosial dan politik.

Organisasi ini bergerak aktif mengambil bagian dalam mengembangkan studi tentang perdamaian dan resolusi konflik dan memperjuangkan hak asasi manusia dan kebebasan beragama dan berkeyakinan.

Hadir dengan misi menumbuhkembangkan multikulturalisme dan pluralisme dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia, ICRP juga melibatkan kaum muda dalam mayoritas kegiatannya.

ICRP juga memiliki misi membangun kesadaran budaya religiusitas yang sehat, saling menghormati dan bebas dari rasa saling curiga di antara seluruh elemen bangsa, khususnya komunitas dan lembaga antar-iman. Serta mendorong usaha-usaha dialog, advokasi, pengkajian dan pemecahan masalah-masalah sosial politik dan keagamaan baik dalam skala daerah, nasional, regional, maupun internasional.

EH/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *