Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 24 January 2017

Fokus Sidang Ahok, Polisi Tunda Periksa Bachtiar Nasir dan Munarman Terkait Kasus Makar


Fokus Sidang Ahok, Polisi Tunda Periksa Bachtiar Nasir dan Munarman Terkait Kasus Makar

islamindonesia.id – Fokus Sidang Ahok, Polisi Tunda Periksa Bachtiar Nasir dan Munarman Terkait Kasus Makar

 

Penyidik Polda Metro Jaya menunda memeriksa Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Bacthiar Nasir dan Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman yang semula dijadwalkan hari ini.

Keduanya akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus makar dengan tersangka Sri Bintang Pamungkas. Polisi tak menjelaskan secara rinci alasan penundaan pemeriksaan. Alasannya, kegiatan ini membuat macet lalu lintas dan dikomplain oleh orang yang berkantor di sekitar kawasan Polda Metro Jaya.

“Dengar-dengar ada alasan karena jalanan macet dan banyak orang kantor komplain,” ujar pengacara Bachtiar Nasir, Novel Bamukmin, Selasa (24/1/2017).

Novel mengatakan pemeriksaan terhadap Munarman dan Bachtiar Nasir akan dilakukan pada Kamis (1/2/2017) mendatang. Selain itu, Bachtiar Nasir dan Munarman ingin fokus mengawal jalannya sidang Ahok, yang digelar hari ini.

“Karena hari ini semua ditunda, jadi kami ke sana (sidang Ahok) semua,” sebutnya.

Sementara Kasubdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Fadli Widianto mengatakan, pemeriksaan Munarman dan Bachtiar Nasir sudah dijadwalkan lagi pada Rabu 1 Februari 2017. Hari itu, akan berbarengan dengan pemeriksaan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab.

“Pemeriksaan mereka (Munarman dan Bachtiar) ditunda, dirapel bareng-bareng sama Rizieq Shihab minggu depan awal bulan,” ujar Fadli saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (24/1/2017).

Sementara Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, alasan penundaan pemeriksaan Munarman dan Bachtiar Nasir hari ini berdasarkan keputusan penyidik.

Sebelumnya Habib Rizieq meminta massa FPI untuk mengawal pemeriksaan Munarman dan Bacthiar Nasir di Mapolda Metro Jaya.

Dalam orasi di depan Mapolda Metro Jaya pada Senin (23/1/2017) kemarin, Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab menyinggung soal pemeriksaan terhadap Munarman dan Bachtiar Nasir. Ia mengajak massa FPI mengawal pemeriksaan.

“Kabarnya besok hari Selasa pimpinan GNPF MUI Ustaz Bachtiar Nasir dan Haji Munarman akan diperiksa di Polda Metro Jaya, siap kawal ulama? Siap kawal ulama?” tanya Rizieq, yang disambut kata ‘siap’ oleh massa FPI.

Terkait hal itu, Polisi mengaku siap mengantisipasi unjuk rasa massa. “Kita kan ada SOP pengamanan massa,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *