Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 24 February 2016

Festival Islam Cinta 2016 di Malang Resmi Dimulai


photo_2016-02-24_13-17-41

Menepis citra negatif mengenai Islam, Gerakan Islam Cinta yang diketuai Haidar Bagir bekerja sama dengan UIN Maulana Malik Ibrahim menyelenggarakan Festival Islam Cinta yang berlangsung hari ini (24/2) di Malang.

“Gerakan Islam Cinta menjadi salah satu ruang dari banyak ruang untuk menyuarakan Islam yang damai,” kata Irfan Amalee, koordinator Gerakan Islam Cinta.

Irfan menjelaskan umat Islam yang cinta damai di Indonesia sebetulnya banyak. Namun cenderung diam atau tidak mendapat ruang untuk mengekspresikan sehingga tertutupi oleh kelompok militan yang rutin merusak citra Islam.

Festival Islam Cinta 2016  dibuka dengan penampilan Banjari dari mahasiswa UKM seni religi, dilanjutkan dengan pembacaan Alquran, dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia. Sebagai simbolis, ketua Gerakan Islam Cinta Haidar Bagir memukul gong tanda festival yang bertajuk “Semesta Cinta” ini resmi dimulai.

Festival yang berlangsung sejak pukul 08.00 pagi tadi hingga 21.00 malam nanti meliputi berbagai agenda. Di antaranya talkshow, seminar, pameran, bazar, launching buku dan penganugerahan gelar kehormatan ‘doktor honoris causa’ untuk Grand Syaikh Al Azhar Ahmad Muhammad Ahmad At Thayeb.

Festival yang berupaya mengarusutamakan Islam moderat ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya dilaksanakan di UIN Jakarta tahun lalu. Acara dihadiri  Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin, KH. Agus Sunyoto, Prof. Dr. Moh. Mahfud MD,  serta sejumlah akademisi, seniman, budayawan dan aktivis. []

 

(Ami/ Islam Indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *