Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 20 June 2020

Enam Belas Tips Hidup Bahagia dengan Virus Corona dari Universitas Maryland


islamindonesia.id – Enam Belas Tips Hidup Bahagia dengan Virus Corona dari Universitas Maryland

Profesor Dr. Faheem Younus dari Universitas Maryland, Amerika Serikat, pimpinan Infectious Disease Clinic, yang juga seorang Muslim, membagikan tipsnya untuk dapat hidup bersama Virus Corona (Covid-19). Sebagaimana dilansir dari theazb.com, berikut ini adalah tips dari beliau:

1. Kita akan hidup dengan Covid-19 selama berbulan-bulan ke depan. Jangan menyangkal atau panik. Jangan membuat hidup kita susah dengan kesulitan-kesulitan yang tidak diperlukan. Marilah kita belajar untuk bahagia dan hidup dengan kenyataan ini.

2. Dampak dari virus tidak akan berkurang pada musim panas. Saat ini di Brasil dan Argentina adalah musim panas, tetapi virus ini tetap menyebar dengan cepat.

3. Anda tidak dapat membunuh virus Covid-19 yang telah menembus sel-sel dengan minum terlalu banyak air, malahan Anda hanya akan lebih sering ke toilet.

4. Mencuci tangan dan menjaga jarak 1,8 meter adalah metode terbaik untuk melindungi diri dari virus. Jika Anda tidak memiliki pasien Covid-19 di rumah, tidak perlu mendisinfeksi permukaan (lantai, tembok, pintu, dsb) di rumah.

5. Paket kargo, pompa bensin (di Amerika Serikat orang-orang membeli bensin dengan cara swalayan-red), troli belanja, atau ATM tidak menyebabkan infeksi. Cucilah tangan Anda, jalani hidup Anda seperti biasa.

6. Covid-19 bukan infeksi dari makanan. Ini terkait dengan cipratan lendir infeksi seperti flu. Tidak ada risiko yang dilaporkan dari Covid-19 yang ditularkan melalui pemesanan makanan.

7. Mandi sauna tidak membunuh virus Covid-19 yang telah menembus sel.

8. Anda bisa kehilangan indra penciuman dengan alergi dan infeksi virus yang berat. Ini adalah gejala non-spesifik untuk Covid-19.

9. Sesampainya di rumah, kita tidak perlu berganti pakaian dan segera mandi. Kebersihan adalah suatu kebajikan, bukan ketakutan yang berlebihan.

10. Virus Covid-19 tidak bertebaran di udara. Ini adalah infeksi yang memerlukan kontak yang dekat. Udara sedang bersih, Anda bisa jalan-jalan di sekitar ruang terbuka (dengan tetap menjaga jarak) di taman.

11. Covid-19 tidak membeda-bedakan ras atau agama, siapa pun dapat tertular.

12. Cukup gunakan sabun biasa untuk Covid-19, tidak perlu menggunakan sabun anti bakteri. Virus bukanlah bakteri.

13. Anda tidak perlu takut terhadap makanan yang Anda pesan. Tetapi jika mau, Anda bisa memanaskannya sedikit dalam microwave.

14. Kemungkinan untuk membawa Covid-19 ke rumah melalui sepatu Anda dan lalu jatuh sakit (tertular) sama seperti halnya tersambar petir sebanyak dua kali dalam sehari (maksudnya sangat kecil kemungkinannya-red). Saya telah bekerja melawan virus selama 20 tahun, infeksi tidak menyebar dengan cara seperti ini.

15. Anda tidak dapat terlindungi dari virus dengan meminum/memakan cuka, sumac (sejenis kacang-red), soda, dan jahe.

16. Mengenakan sarung tangan adalah ide yang buruk, virus dapat menumpuk di sarung tangan, sehingga dapat dengan mudah ditularkan jika Anda menyentuh wajah Anda. Yang terbaik adalah mencuci tangan.

PH/IslamIndonesia/Foto utama: Faheem Younus, MD/Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *