Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 11 April 2017

Dubes AS: Warga Kami dan Indonesia Punya Kesamaan dalam Memahami Keberagaman


dubes as

islamindonesia.id – Dubes AS: Warga Kami dan Indonesia Punya Kesamaan dalam Memahami Keberagaman

 

Menurut Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan, sejak menjabat 4 bulan lalu di Jakarta, dia telah mengunjungi berbagai wilayah dan kota di Tanah Air. Baginya, banyak kesamaan prinsip yang dimiliki oleh kedua negara, khususnya dalam memahami berbagai perbedaan, baik itu suku, agama dan budaya.

” Dari sana, saya melihat adanya kesamaan pandangan penduduk kami dan penduduk di sini dalam memahami keberagaman, saya sangat terkesan dengan toleransi di Indonesia,” katanya saat menyampaikan kuliah umum di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, seperti dilansir okezone.com 11/4.

Donovan melanjutkan, prinsip toleransi di Indonesia yang tertuang dalam Bhineka Tunggal Ika sama halnya dengan prinsip yang dipahami oleh masyarakat Amerika Serikat. Kondisi demikian, menjadi dasar bagi kedua negara untuk mempererat hubungan kerjasama di berbagai bidang, seperti konservasi lingkungan hidup, maritim, pertahanan dan keamanan, ekonomi, teknologi serta sektor lainnya.

“Intinya adalah bentuk rasa saling memahami di antara penduduknya. Kesamaan itu, tentunya akan menjadi dasar bagi kedua negara untuk menjaga hubungan bilateral ini dengan peningkatan kerjasama di berbagai bidang,” katanya.

Sementara, Rektor UIN Jakarta, Dede Rosyada dalam sambutannya juga menggambarkan beberapa contoh mengenai sikap toleransi yang kini dipraktikkan di Indonesia. Misalnya, tentang struktur pemerintahan yang diisi oleh berbagai kalangan, sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.

“Walaupun mayoritas di Indonesia adalah masyarakat yang memeluk agama Islam, tidak mempengaruhi hubungan berbangsa kita, semua posisi dan jabatan yang ada di pemerintahan bisa dipegang oleh siapa pun, suku atau agama mana pun. Haknya sama, sesuai kapasitasnya,” katanya.[]

 

YS/ islam indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *