Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 30 July 2017

DPR Dukung Dana Haji Untuk Bangun Infrastruktur Asal…  


DPR Dukung Dana Haji Untuk Bangun Infrastruktur Asal…

islamindonesia.id – DPR Dukung Dana Haji Untuk Bangun Infrastruktur Asal…

 

Meredam pro-kontra masyarakat atas rencana pemerintah menggunakan dana Jemaah haji untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur, dalam banyak kesempatan Presiden Joko Widodo memastikan bahwa investasi dana haji akan dilakukan dengan hati-hati. Sebesar Rp 90 triliun dana haji akan digunakan untuk membiayai proyek infrastruktur yang sudah pasti akan mendatangkan keuntungan.

Anggota DPR dari Fraksi PKB, Maman Imanulhaq mendukung keputusan Presiden untuk menggunakan dana haji sebagai pembiayaan infrastruktur, namun dengan catatan uang tersebut harus dikembalikan pada saat jemaah berangkat.

“Risikonya sangat besar, pengembalian harus pas saat jemaah berangkat naik haji,” ujar Maman di Jakarta, Minggu (30/7/2017).

Menurut Maman, penggunaan dana haji bisa dilaksanakan sesuai kebutuhan pemerintah, karena Badan Pelaksana Pengelola Keuangan Haji (BPKH) akan mengatur dan mengawasi penggunaan semua anggaran haji.

“Penggunaan dana haji untuk infrastruktur dimungkinkan untuk pengelolaan dana haji, apalagi sekarang ada BPKH,” ungkap Maman.

Anggota Komisi VIII itu memaparkan anggaran haji sudah lama digunakan untuk keperluan lain. Hal yang dibutuhkan saat ini adalah penjelasan dan tanggung jawab dari pemerintah kepada jemaah haji.

“Sekarang tinggal bagaimana pemerintah menjelaskan bagaimana skemanya, bagaimana argumennya, dan bagaimana pertanggungjawabannya,” tegas Maman.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *