Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 10 February 2021

Dipimpin Seorang Wanita, Satelit UEA Berhasil Mencapai Mars untuk Pertama Kalinya


islamindonesia.id – Dipimpin Seorang Wanita, Satelit UEA Berhasil Mencapai Mars untuk Pertama Kalinya

Uni Emirat Arab (UEA) berhasil menerbangkan satelitnya yang dinamai “HOPE” ke Planet Mars pada Selasa (9/2). Satelit ini merupakan satelit pertama dari dua satelit lainnya yang akan menyusul diorbitkan ke planet merah tersebut.

Dengan demikian UEA menjadi negara kelima di dunia yang berhasil mengirimkan pesawat ruang angkasanya ke Mars dan mulai mengorbitkan satelitnya di planet itu.

Misi ini pertama kali diumumkan pada tahun 2014, ketika Presiden UEA, Shaikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, meluncurkan badan antariksa negara tersebut dan mengumumkan rencana mereka untuk melakukan perjalanan ilmiah ke planet merah pada tahun 2021.

Misi tersebut melibatkan 200 insinyur Emirat, yang 34 persennya adalah perempuan – dan kesuksesan mereka kali ini adalah hasil dari jam kerja yang telah mereka tempuh sebanyak 5,5 juta jam, dilansir dari Khaleej Times.

Sarah al-Amiri (34), yang memimpin bagian sains dari misi tersebut, mengatakan bahwa dia merasakan berbagai emosi ketika pesawat luar angkasa mereka diluncurkan pada musim panas lalu.

Tapi saat sudah benar-benar mendekati Mars, Sarah berkata, “Ini semakin mengintensifkan mereka (berbagai emosinya-red),” demikian sebagaimana dilansir dari The New York Times.

Dari sejak 9 Februari dunia menyaksikan dengan ketegangan saat-saat hampir sampainya pesawat UEA ke Mars. 

Kemudian pusat ruang kontrol operasi di Dubai untuk pertama kalinya menerima laporan dari pesawat ruang angkasa, bahwa ia telah mulai menembakkan tenaga pendorong untuk memperlambat dirinya dan masuk ke dalam cengkeraman gravitasi Planet Mars.

Kemudian, setelah pembakaran selama 27 menit selesai, mereka memastikan bahwa pesawat itu telah berada di dalam orbit planet itu. Sorak-sorai meledak di ruang kontrol.

Suasana ketika warga UEA menyaksikan detik-detik sampainya satelit mereka. Foto: Christopher Pike/Reuters

Manakala sudah berada di orbit, pesawat ruang angkasa itu sudah dapat memulai studi tentang atmosfer dan cuaca di planet merah tersebut.

Negara ini sangat bangga dengan ambisi dan dedikasi para pemuda mereka – dan sudah bersiap untuk masuk ke fase berikutnya, untuk memastikan satelit HOPE sukses dalam misi sainsnya, di mana ia akan menangkap lebih dari 1TB data baru mulai dari sekarang hingga April 2023.

PH/IslamIndonesia/Foto utama: Christopher Pike/Reuters

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *