Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 31 July 2016

Dihadiri Cak Nun, Kapolres Solo Bacakan Deklarasi ‘Tolak Sikap Mengkafirkan’


Solo 1

IslamIndonesia.id – Dihadiri Cak Nun, Kapolres Bacakan Deklarasi ‘Tolak Sikap Mengkafirkan’

 

Di depan ribuan pasang mata yang hadir di Halal bi Halal Persaudaraan Masyarakat Solo (29/7), Deklarasi Forum Lintas Agama Kota Surakarta dibacakan oleh Kepala Polres setempat. Selain tokoh dari berbagai agama, aparat keamanan, acara yang bertajuk ‘Solo Dukung Toleransi’ ini juga dihadiri oleh Budayawan Kondang Emha ‘Cak Nun’ Ainun Nadjib.

Berikut isi deklarasi yang ditandatangani oleh tokoh dari berbagai agama di Surakarta, termasuk Islam yang diwakili oleh KH. Shofwan Fauzi, Rois Syuriah Pimpinan Cabang Nahdatul Ulama Kota Surakarta.

Pertama, kami warga Kota Surakarta, senantiasa menjunjung tinggi toleransi dan menolak segala bentuk kekerasan yang merusak kedamaian.

Kedua, menolak sikap ekstrimis, radikal, sikap menafikan, mengkafirkan, dan menyesatkan kelompok lain. Karena pembiaran sikap seperti itu hanya akan menghancurkan masa depan bangsa dan negara.

Ketiga, mengedepankan sikap saling menghargai, menghormati, membela, menolong, duduk sama rendah, tegak sama tinggi, dalam menjaga kondusifitas kota Surakarta.

Keempat, membangun kembali saling percaya di antara sesama warga bangsa yang kian tergerus oleh sikap intoleran dan infiltrasi budaya asing.

Kelima, menghidupkan kembali nilai-nilai budaya Nusantara, seperti budaya lokal, gotong royong, dan cinta tanah air.

Keenam, mengedepankan rekonsiliasi, reintegrasi, dan musyawarah dalam menyelesaikan konflik horizontal.

Ketujuh, menegakkan hukum sebagai ukuran keadilan yang setara bagi semua pihak, tanpa diskriminasi, di antara warga bangsa.

Suasana persaudaraan semakin hangat ketika Cak Nun dan Grup Musik Kiai Kanjeng mementaskan lagu dengan lirik Islami namun dengan arransment yang umum didengar di gereja. Sejumlah pengguna sosial media yang hadir pun mempublikasikan kalimat-kalimat inspiratif yang didengar dari Cak Nun, seperti tentang keadilan, tafsir dan kebenaran.

Di antara yang populer, Cak Nun menjelaskan tentang sikap yang seharusnya dalam menilai atau mengadili orang lain. Mengadili atau menilai seseorang seharusnya berdasarkan prilakunya yang baik maupun yang buruk. Bukan diadili karena identitasnya yang, misalnya, berkeyakinan agama berbeda dari umumnya. []

Solo2

solo3

Solo4

photo_2016-07-30_11-54-14

YS/IslamIndonesia

 

One response to “Dihadiri Cak Nun, Kapolres Solo Bacakan Deklarasi ‘Tolak Sikap Mengkafirkan’”

  1. partono soenyoto says:

    Sekarang yg penting adalah bagaimana implementasinya,bagaimana tekhnisnya, bagaimana cara sbg solusinya agar apa yg diikrarkan menjadi wujud dan sikap nyata.Itu yg penting

  2. Suhunan sianipar says:

    Berbahagia hati ini membaca pokok2 pikiran cak nur dan cak nur.saya Kristen dan dpt menerima pemikiran beliau beliau seutuhnya. Kiranya kasih Allah menyertai cak nur dan cak nun.gbu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *