Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 08 July 2018

Diaspora Indonesia dari 23 Negara Serukan Deklarasi Roma


Diaspora Indonesia dari 23 Negara Serukan Deklarasi Roma

islamindonesia.id – Diaspora Indonesia dari 23 Negara Serukan Deklarasi Roma

 

Komunitas Diaspora Indonesia dari 23 negara yang merupakan perkumpulan orang-orang Indonesia yang berada di luar negeri dengan berbagai latar aktivitas, menyerukan Deklarasi Roma di Kota Roma, Italia.

Deklarasi ini dihasilkan dari acara Dialog Antaragama Masyarakat Indonesia di Eropa yang digelar KBRI untuk Takhta Suci Vatikan 30 Juni-3 Juli 2018 di Roma.

Dalam kesempatan itu, Duta Besar RI untuk Takhta Suci Vatikan Agus Sriyono menegaskan, peran Indonesia di kancah dunia penting karena Indonesia menjadi contoh keberhasilan merawat kemajemukan.

“Indonesia kerap menjadi acuan merawat kerukunan dan keragaman. Sampai sekarang ini, pengaruh Indonesia di dunia internasional, terutama Asia, sangat penting,” tegas Agus Sriyono.

Berikut delapan poin penting yang termaktub dalam Deklarasi Roma:

1. Kemajemukan agama, suku, budaya, dan bahasa adalah anugerah Tuhan dan keniscayaan yang harus dipelihara, dijaga, dan dikembangkan bersama.
2. Indonesia dalam bentuk NKRI yang dibangun atas dasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 adalah ‘Rumah Bersama’ dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika.
3. Tenggang rasa dalam kemajemukan menjadi kebanggaan dan tanggung jawab bersama. Kerukunan ini menjadi rujukan dunia internasional.
4. Kesungguhan hati dan keterbukaan sikap dalam semangat kebersamaan, gotong royong, saling pengertian, penghargaan, dan persaudaraan hendaknya diwjudkan dalam kehidupan sehari-hari.
5. Masyarakat Indonesia agar tidak menggunakan agama dan simbol keagamaan demi kekuasaan politik sementara.
6. Menampilkan wajah ramah dan terbuka dalam semangat persaudaraan, keimanan, dan kemanusiaan.
7. Meski berbeda-beda agama, anak bangsa Indonesia terikat persaudaraan sebangsa dan setanah air.
8. Mengajak seluruh masyarakat Indonesia membentuk komunitas-komunitas lintas agama yang terbuka agar saling bekerja sama dalam kehidupan sehari-hari.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *