Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 23 July 2017

Di Yaman, 2 Ribu Orang Tewas Akibat Wabah Kolera


A Yemeni child suspected of being infected with cholera is checked by a doctor at a makeshift hospital operated by Doctors Without Borders (MSF) in the northern district of Abs in Yemen's Hajjah province , on July 16, 2017.
The country has also been hit by a cholera outbreak that has killed more than 1,600 people and left some 270,000 infected. / AFP PHOTO / STRINGER

islamindonesia.id – Di Yaman, 2 Ribu Orang Tewas Akibat Wabah Kolera

 

Organisasi Internasional berbasis Inggris Oxfam menyatakan sekitar 2.000 orang di Yaman meninggal dunia akibat wabah kolera tiga bulan terakhir ini. Bahkan, menurut catatan dokumen Oxfam selama ini, Yaman merupakan penderita wabah kolera dengan jumlah tertinggi di dunia.

“Terus terang ini mengejutkan, bahwa hanya dalam waktu tiga bulan lebih, warga Yaman telah banyak terkena kolera,” ujar Direktur kemanusiaan Oxfam Nigel Timmins, seperti dilansir middleeasteye 20 Juli, sembari membandingkan dengan negara-negara yang penduduknya terjangkit penyakit pada beberapa tahun terakhir ini.

Pada awal Juli, wabah kolera telah menginfeksi lebih dari 300.000 orang di Yaman dalam waktu seminggu, Komite Internasional Palang Merah (ICRC) mengatakan, wabah ini merupakan bencana kesehatan bagi sebuah negara yang telah dilanda perang, keruntuhan ekonomi dan kelaparan.

Nigel bilang, kolera menyebar luas di sebuah negara yang sedang dilanda perang lebih dari setahun. Dalam suasana perang dan krisis pangan, kolera merupakan pukul mematikan bagi banyak orang. “Ini adalah krisis besar yang membutuhkan respon besar,” ujarnya dengan menyebut bantuan dari negara donor sejauh ini belum maksimal untuk Yaman.

Menurut pejabat tinggi ICRC untuk Timur Tengah, Robert Mardini, setidaknya 7.000 kasus kolera baru tercatat setiap hari di ibu kota Yaman, Sanaa, dan tiga wilayah lainnya. Pengumuman itu disampaikan dua hari setelah mantan presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh, menunjuk Arab Saudi sebagai sumber dari apa yang disebut PBB sebagai wabah kolera terburuk di dunia.

Saluran berita Arab Saudi mengutip pernyataan Saleh bahwa koalisi pimpinan Saudi dalam agresi di Yaman berada di balik penyebaran penyakit yang sangat menular melalui penggunaan senjata terlarang.[]

 

YS/ IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *