Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 08 March 2015

Di Turki, Mahasiswa Berjibaku Bersihkan Citra Islam di Eropa via Video


Islam bukan teroris.

Lepas tragedi penembakan di Paris pada Juli, puluhan orang mahasiswa Turki berinisiatif merilis video dalam 16 bahasa yang menyangga hubungan Islam dan terorisme, dengan harapan bisa mengelupas stigma tentang Islam.

Dilansir Turkish Weekly pafa Kamis silam, 30 orang mahasiswa Fakultas Teologi dari Universitas Marmara di Istambul, bertandang selama 15 hari ke negara Eropa dan Amerika utara. Di sana, mereka menyampaikan hadits Nabi dan ayat-ayat Qur’an dalam 16 bahasa sambil mendokumentasikannya.

Salah seorang mahasiswa, Mesut Arslan, 24, mengatakan kegiatan itu berawal dari sebuah diskusi lepas Tragedi Paris. Dari keprihatinan bersama, katanya, muncullah ide mengkampanyekan wajah Islam yang sejati — jauh dari teror apapun yang disematkan orang. “Kami memutuskan untuk menyiapkan video dengan hadits Nabi Muhammad,” katanya.

Peserta lain, Suheyla Oruc, 21, mengatakan masyarakat Barat banyak yang buta soal Islam, Rasullullah saw dan seluk beluk kehidupan Muslim di berbagai belahan dunia. “Sebab itulah kami sepakat menggulitkan gagasan itu.”

  

(AR/Turkish Weekly)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *