Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 31 December 2017

Di Sela Pesan Akhir Tahunnya, Putin Tegaskan Tetap Dukung Assad


Di Sela Pesan Akhir Tahunnya, Putin Tegaskan Tetap Dukung Assad

islamindonesia.id – Di Sela Pesan Akhir Tahunnya, Putin Tegaskan Tetap Dukung Assad

 

Presiden Rusia Vladimir Putin mendorong kerjasama antara Rusia dan AS dibangun dalam “kerjasama pragmatis”. Hal itu ia utarakan saat memberikan ucapan Natal dan Tahun Baru kepada Presiden AS Donald Trump, di Kremlin, Sabtu (30/12/2017).

Putin menekankan pentingnya kedua negara melakukan dialog yang konstruktif untuk meningkatkan stabilitas global dan mengatasi tantangan serta ancaman global.

“Ini akan memungkinkan kita membuat kemajuan dalam mempromosikan kerja sama pragmatis yang dirancang untuk jangka panjang,” kata Presiden Rusia tersebut seperti dilansir CNN International. Putin juga mencatat bahwa prinsip kesetaraan dan saling menghormati merupakan dasar pengembangan hubungan kedua negara.

Tahun lalu, pengamat mencatat bahwa Putin menghubungi Presiden Trump untuk mengucapkan selamat atas terpilihnya Trump sebagai presiden. Suatu hal yang ia tidak lakukan saat Barack Obama terpilih menjadi presiden AS. Dalam ucapan selamat tahun barunya, Putin mengharapkan “tingkat baru” dalam interaksi kedua negara tersebut.

Dalam pesan tahunannya, Putin juga menegaskan komitmennya kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad. Putin mengatakan Rusia akan terus membantu Suriah “dalam menegakkan kedaulatan, kesatuan dan integritas teritorial negara, serta mempromosikan penyelesaian politik dan pemulihan ekonomi.”

Pemimpin Rusia tersebut juga menyatakan harapannya bahwa situasi di Suriah akan “berubah menjadi lebih baik” pada tahun 2018. “Mengalahkan teroris dan dengan cepat membawa situasi di Republik Arab Suriah kembali normal akan menjadi kepentingan terbaik seluruh dunia dan akan memperbaiki keamanan di Timur Tengah,” katanya.

Sedangkan, dalam sambutannya untuk Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Putin menyoroti peningkatan hubungan bilateral dan kemajuan “substansial” dalam kerja sama Rusia-Turki pada tahun lalu. “Dengan bekerja sama erat, negara-negara kita telah berhasil mencegah ancaman teroris menyebar lebih jauh ke Timur Tengah dan menciptakan kondisi untuk meluncurkan penyelesaian politik konflik Suriah,” kata Putin.

Sementara itu, Putin juga memberi sambutan kepada Ratu Elizabeth II dan Perdana Menteri Inggris Theresa May. Ia mengatakan kerjasama Rusia-Inggris yang lebih dekat akan menjadi kepentingan dasar orang-orang Rusia dan Inggris serta Eropa secara keseluruhan.

Putin juga memberikan ucapannya untuk Tiongkok dan berharap pada Festival Musim Semi mendatang dapat mencatat lebih banyak kesuksesan dalam hubungan Rusia-Tiongkok. Ia berharap pertumbuhan substansial dalam perdagangan dan pertukaran dinamis dalam sains dan teknologi, serta budaya dan bidang kemanusiaan.

Putin juga menyambut baik perkembangan hubungan Rusia dengan Jepang dan Korea Selatan dalam ucapan selamatnya kepada pemimpin masing-masing negara.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *