Satu Islam Untuk Semua

Monday, 03 April 2017

Di Padang, Menag Apresiasi Gerakan Cinta Kerukunan Lintas Agama, Ormas


Menag Lukman Kemenag Tolak Investasikan Dana Haji untuk Bangun Infrastruktur

islamindonesia.id – Di Padang, Menag Apresiasi Gerakan Cinta Kerukunan Lintas Agama, Ormas

 

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi Gerakan Cinta Kerukunan yang diinisiasi oleh Kantor Wilayah Kemenag Sumatra Barat. Deklarasi gerakan ini diikuti oleh lebih dari 1.200 peserta, termasuk Gubernur, Walikota, dan Tokoh Lintas Agama Sumatra Barat.

“Alhamdulilah Sumatra Barat hidup dengan kerukunan, kita tetap jaga dan kita rawat,” kata Menag dalam sambutannya, di Padang, Sumatra Barat, 2/4

Menurut Menag, gerakan ini adalah gerakan cinta sehingga mempunyai makna yang mendalam. Menag yakin, cinta yang terpancar dari gerakan ini akan menjadi api atau ruh dalam menjaga kerukunan. Untuk itu, gerakan ini harus terus berkobar sehingga tidak padam.

“Dalam konteks Indonesia, itu menjadi syarat yang mutlak untuk kita hadirkan kerukunan di tengah-tengah kita,” katanya.

Menurut Menag, kearifan pendahulu bangsa mampu merajut persatuan di negara dengan ribuan pulau, suku, adat, dan tradisi. Untuk itu, menjadi tugas generasi sekarang untuk terus merawat kerukunan dan keIndonesiaan sehingga bisa terus diwariskan kepada generasi bangsa.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Barat, Salman, mengatakan deklarasi ini dihadiri dari berbagai unsur ormas keagamaan, tokoh lintas agama, tokoh masyarakat serta masyarakat umum.

“Dari MUI, Muhammadiyah, NU, Tarbiyah, tokoh agama Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha akan hadir dalam kegiatan tersebut”, kata Salman di Bandara Minangkabau, Padang saat menjemput kedatangan Menteri Agama.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan upaya mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kerukunan antar umat beragama di wilayah Sumatera Barat. Masyarakat Sumatera Barat yang religius, di mana norma keagamaan sudah tertanam dalam kehidupan sangat antusias menyambut digelarnya acara tersebut.[]

 

YS/ Islam Indonesia/ Sumber: Kemenag

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *