Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 20 March 2016

Forum Sufi Dunia Digelar di New Delhi


world-sufi-forum

world-sufi-forum_155f4d72-ec7a-11e5-90f8-20a657ae7b03

Forum Sufi Dunia (World Sufi Forum) 2016 digelar di New Delhi. Perhelatan internasional ini telah berlangsung pada 17  hingga 20 Maret.

Sekitar 200 tokoh yang bergulat di bidang tasawuf dari 20 negara hadir mempresentasikan penelitian mereka.

Perdana Menteri India Narendra Modi meresmikan forum yang mengusung tema “Global Forum for Peace, Tolerance and Unconditional Love” (17/3) tersebut.

Pada kesempatan itu, Modi menggambarkan Islam sebagai agama damai; dan tasawuf diakui telah berkontribusi besar bagi terciptanya perdamaian.

Momentum ini merupakan catatan pertama bagi sejarah India karena berhasil mengumpulkan pakar tasawuf untuk membincang pembangunan ketahanan masyarakat terhadap ekstremisme, kekerasan dan terorisme.

Forum Sufi Dunia tahun ini mencoba menyediakan platform bagi ulama, mashaikh, penulis dan akademisi untuk berkontribusi pada perdamaian, dialog, pendidikan dan produksi pengetahuan.

Tujuan tersebut terwujud melalui rangkaian seminar, konferensi, diskusi panel dan publikasi.

Langkah ini menyatukan mereka yang tertarik dalam membina perdamaian, melawan ekstremisme dan berpartisipasi dalam kerukunan antar-agama.

Forum diselenggarakan oleh All India Ulama & Mashaikh Board (AIUMB) bersama organisasi mitra mereka.

Hazrat Syed Mohammad Ashraf dari AIUMB juga membuka acara ini (17/2). Ia merupakan seorang guru spiritual terkemuka dari Kichocha Sharif, tempat suci Sufi terkenal di Ambedkar Nagar di negara bagian Uttar Pradesh.

Syed percaya bahwa dalam abad ke-21 materialisme dan ekstremisme memikat generasi  muda. Oleh karena itu, ia menekankan agar sufi harus menjangkau massa muda.

Forum Sufi Dunia akan menjadi tuan rumah lima konferensi, demonstrasi damai dan ribuan pertemuan di seluruh pelosok negeri dalam upaya untuk mempromosikan perdamaian dan mendorong pemerintah negara bagian untuk mempertimbangkan isu-isu di dunia Muslim India.

Terkait dengan Forum Sufi Dunia 2016, dapat dilihat dalam website resmi AIUMB.

[]

Zainab/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *