Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 17 June 2015

Di London, Inggris, 4 Sekolah Larang Siswa Masuk Kelas dalam Keadaan Berpuasa


timthumb

Empat sekolah dasar di London, Inggris, melarang siswa Muslim masuk sekolah dalam keadaan berpuasa dengan dalih mempertimbangkan kekuatan tubuh siswa dalam mengikuti pelajaran, kata tabloid Sabtu pekan lalu.

Pimpinan empat sekolah—di bawah yayasan pendidikan Lion Academy Trust—mengedarkan surat larangan itu ke orang tua siswa Muslim awal pekan lalu, kata tabloid Daily Mail, Sabtu.

Isi surat memuat pernyataan sekolah kalau mereka paham soal perintah agama agar orang tua mengajarkan anaknya berpuasa sejak kecil. Namun sekolah trauma dengan pengalaman sebelumnya saat banyak anak yang sakit dan tak sanggup mengikuti pelajaran sampai selesai saat berpuasa, katanya.

“Dalam hukum Islam, kesehatan seseorang adalah prioritas. Oleh sebab itu, berhubung hukum Islam dan kebijakan sekolah memiliki tujuan yang sama—menjaga kesehatan dan pendidikan anak, kami melarang setiap anak yang masuk sekolah dalam keadaan berpuasa,” kata surat edaran Barclay Primary School.

Sekolah akan mengizinkan siswanya berpuasa jika orang tuanya datang dan menemui kepala sekolah untuk membincangkan mengenai ketahanan tubuh anak dan segala yang diperlukan untuk menjamin proses belajar, seperti waktu istirahat dan kondisi tubuh siswa.

Ditutup dengan ucapan selamat berpuasa bagi keluarga Muslim, surat edaran kepala sekolah mengatakan, “Kami tak bermaksud menyerang (mengintimidasi), hanya menjamin keadaan baik setiap siswa didik kami,”.

Meski begitu, protes tetap datang dari komunitas Muslim di Inggris. Mereka berpendapat sekolah seharusnya tak mencampuri praktek ibadah keluarga.

Muhammad/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *