Satu Islam Untuk Semua

Friday, 15 April 2016

Di London Book Fair, Karya Haidar Bagir Diminati


Pameran buku London

Di hari kedua London Book Fair 2016, ada sejumlah buku dari Indonesia tembus ke pasar penerbit-penerbit di Inggris dan yang hak penerbitannya mereka beli. Dua buku yang dianggap unik dan menarik bagi pasar Inggris adalah “Islam, The Message of Love and Happiness” karya Intelektual Muslim Indonesia Haidar Bagir dan buku “Anti Stress” karya I.B.G Wiraga.

Menurut Koordinator Promosi Literasi dari Komite Buku Nasional, Siti Gretiani, tema-tema Islam ternyata memiliki pasar di Inggris. Buku karya Haidar Bagir itu sendiri membahas sisi spiritual Islam yang mengedepankan cinta dan kasih sayang. CEO Grup Mizan ini memang dikenal banyak menekuni bidang ini dan telah menghasilkan sejumlah karya seputar tema yang sama.

91839764-33e7-4f8c-927f-61cbe5060479

Dalam salah satu bagian buku tersebut, penulis mengutip ulang beberapa hadis yang dirangkai oleh Syaikh Yusuf Makassari berikut:  “Agama adalah mengenal Allah (ma’rifatullah). Mengenal Allah adalah berlaku dengan akhlak (yang baik). Akhlak (yang baik) adalah menghubungkan tali kasih sayang (silaturahim). Dan silaturahim adalah memasukkan rasa bahagia di hati sesama kita.”

Buku yang merupakan hasil pemikiran, pengalaman dan renungan tentang Islam sebagai agama cinta dan kebahagiaan itu dimulai dengan memaparkan makna kebahagiaan dan cinta. Di salah satu bagiannya, Haidar memaparkan–berdasar sumber-sumber Islam sendiri–bahwa di atas segalanya prinsip Islam adalah cinta.

Lebih lanjut, buku itu menegaskan bahwa Allah adalah Tuhan cinta, Nabi Muhammad Nabi cinta, alam semesta tercipta dan berjalan oleh cinta-Nya, dan bahwa kebahagiaan kita terdapat pada menjalani hidup yang penuh cinta. Cinta pada Allah, dan cinta kepada ciptaan-ciptaan-Nya. Buku ini dapat membantu pembaca untuk merenung lebih jauh tentang makna hidupnya, dan juga menjadi penolong di sepanjang jalan kita—anak manusia—untuk meraih kebahagiaan sejati yang merupakan dambaan kita semua.

Terhadap kenyataan lakunya buku itu di pameran buku London, pendiri Sekolah Unggulan Lazuardi ini menyatakan rasa syukurnya dan mengggap bahwa Islam cinta adalah jawaban dan solusi bagi masa depan manusia. Krisis multidimensional yang dihadapi manusia di zaman ini hanya dapat ditanggulangi dengan mencecap hakikat cinta Ilahi ini, tuturnya melalui suatu pesan singkat.

 

AJ/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *