Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 24 February 2015

Di Lepas Pantai Palestina, Arkeolog Temukan Harta Karun Berlafaz Kalimat Syahadat


Koin emas

Sebanyak 2.000 keping koin emas kuno yang diprediksi berusia lebih dari 1.000 tahun, ditemukan para penyelam di lepas pantai Mediterania, kata peneliti benda kuno di Israel. Harta karun itu adalah peninggalan Dinasti Fatimiah, berkuasa tahun 909 sampai 1171 M, di Afrika Itara. Dengan berat total sembilan kilogram, penemuan harta karun ini merupakan salah satu yang terbesar di kawasan Palestina yang diduduki Israel. Berlafaz ‘La Ilaha Illa Allah Muhammad Rasulullah’, kepingan emas ini ditemukan dalam berbagai ukuran dan denominasi.

Meski lama terpendam di dasar laut, kondisi logam mulia itu  relatif baik, tidak terpengaruh korosi air laut. “Jika sedikit bengkok dan terdapat bekas gigitan, tandanya koin emas itu benar-benar dicek keasliannya oleh pemiliknya terdahulu,” kata ahli benda kuno di Israel Antiquities Authority, Robert Cole. 

Dari mana koin itu berasal, masih menjadi misteri. Beberapa ilmuwan berasumsi bahwa koin mungkin berasal dari bangkai kapal dinasti yang membawa gaji serdadu di Kaesarea. Teori lain, harta itu milik kapal dagang yang tenggelam di sana.

Menurut peneliti Israel, dalam waktu dekat akan dilakukan ekskavasi di wilayah temuan koin, untuk mengungkap berbagai pertanyaan tentang harta karun itu.

 

(SB/Huffingtonpost)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *