Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 25 April 2015

Di Kathmandu, Nepal, Sedikitnya 356 Tewas dalam Musibah Gempa Besar


Korban gempa tengah diselamatkan.

Gempa bumi 7,9 skala Richter mengguncang pinggiran Kathmandu, Nepal, pada Sabtu, menewaskan sedikitnya 356 orang, kata pejabat.

Juru bicara Kementrian Dalam Negeri, Laxmi Prasad Dhakal, menyebutkan selain korban tewas, ribuan orang ikut terluka seiring ambruknya bangunan di pelbagai tempat. Saksi mata menggambarkan gempa memicu kepanikan di kawasan pedesaan sekitar 50 kilometer dari Kathmandu.

Kawanan pendaki gunung melaporkam gempa memicu guguran salju atau avalamche di Gunung Everest. Sejumlah tim pendaki dikabarkan hilang dalam musibah itu.

Warga di Katmandu berlarian di jalan dan tempat terbuka setelah gempa merubuhkan bangunan, memicu kepulan debu dan keretakan masif di jalan dan tembok kota.

Laporan CNN menyebutkan sesaknya rumah sakit pasca gempa memaksa paramedis mengobati warga yang terluka di jalan-jalan. Gempa juga menghancurkan bangunan stasiun televisi utama Nepal, memaksa krunya menyiarkan berita dari luar bangunan yang rubuh.

Per Sabtu sore, lembaga survey geologi Amerika mencatat 12 kali gempa susulan, dimana salah satunya mencapai 6,6 skala Richter.

(RR/CNN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *