Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 28 February 2017

Di Jakarta, Raja Saudi akan Tandatangani MoU Melawan Terorisme


Teka-Teki di Balik Kunjungan Spektakuler Raja Salman, Mau Investasi atau Jualan Saham Aramco

Islamindonesia.id – Di Jakarta, Raja Saudi akan Tandatangani MoU Melawan Terorisme

Sejumlah agenda kerjasama kenegaraan akan dilakukan oleh Riyadh dan Jakarta ketika Raja Saudi Salman bin Abdilaziz berada di Indonesia. Di antaranya ialah penandatanganan kerjasama (MoU) memerangi segala bentuk terorisme termasuk kelompok militan ISIS.

Dalam hal ini, Duta Besar Saudi untuk Indonesia Dr. Osama Mohammad Abdullah Alshuaibi mengatakan “Kami tahu Indonesia telah menderita akibat pengeboman dan terorisme di sini,” katanya di mana ia  secara khusus menyebut kelompok radikal ISIS yang disebutnya “memiliki ideologi berbeda dan tidak menghargai nyawa manusia”.

“Kami akan bekerja sama dengan Indonesia dalam bidang ini. Kita bisa bertukar data, kita bisa bertukar pengalaman, dan kita bisa mengalahkan orang-orang ini (ISIS),” kata sang Dubes Saudi dilansir Reuters  dan dikutip detik.com, (28/2).

Sebelumnya, Duta Besar Osama pernah menemui Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Komjen Pol Suhardi Alius, di Kantor BNPT, Jakarta (6/1).  Dalam pertemuan itu, Osama Muhammad Alshoiby menyatakan dukungan dan apresiasi terhadap program deradikalisasi yang dilakukan BNPT di Indonesia.

“Deradikalisasi yang dijalankan BNPT merupakan salah satu program yang sangat menarik dan mungkin tidak dimiliki negara lain,” kata Alshoiby di kantor BNPT,  seperti dilaporkan beritasatu.com. (6/1).

Alshoiby juga menegaskan, Saudi Arabia bersedia mendukung program – program BNPT termasuk mengirim ulama-ulama yang berkompeten untuk menekan pemikiran radikalisme di kalangan pelaku terorisme yang hingga saat ini masih memiliki pemahaman ideologi yang sangat keras.

“Kami (Arab Saudi) tentunya tidak akan ragu-ragu untuk memberikan bantuan kepada pemerintah Indonesia seperti untuk mengirimkan ulama-ulama dari Arab untuk memberikan pemikiran yang baik kepada para pelaku-pelaku tersebut agar mereka dapat kembali ke jalan yang baik,” ujar Dubes Arab Saudi.

[Baca juga: Sindir Nasib Situs Sejarah di Makkah, Buya Syafi’i: Rezim Saudi Tuna-adab]

YS/ islam indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *