Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 16 June 2015

Di Iran, Duta Besar Indonesia Luncurkan Buku-Foto ‘Iran: Lovely People’


IMG_1226.JPG

Seorang pejabat senior Kementrian Kebudayaan Iran meresmikan peluncuran buku-foto “Iran: lovely people” karya Duta Besar Indonesia, Dian Wirenjurit, di Tehran, Kamis pekan lalu, kata sebuah pernyataan.

Bertempat di Wisma Duta, Direktur Jenderal Iran Culture and Relations Organization untuk Asia Pasifik, Ali Mohammad Sadeqi, membuka peluncuran buku yang dihadiri sekitar 300 orang undangan dari berbagai kalangan, termasuk duta besar, korps diplomatik asing, pejabat dan pengusaha Iran, serta kru media, seniman, dan fotografer. 

“Selain meningkatkan hubungan politik dan ekonomi dengan negara akreditasi, diplomat juga perlu memberi perhatian terhadap upaya meningkatkan diplomasi budaya, terutama people-to-people contact”, kata Duta Besar Dian dalam sambutan peluncuran buku.

“Lewat fotografi, saya bisa lebih dekat dengan masyarakat Iran dari berbagai kalangan, baik yang bekerja di perkotaan maupun tinggal di pedesaan. Kedekatan itu saya manfaatkan untuk memperkenalkan dan mempromosikan Indonesia kepada mereka,” katanya.

Pernyataan pers kedutaan menggambarkan sebagian besar obyek foto dalam buku merekam wajah orang-orang Iran di pedesaan “yang mencerminkan nilai-nilai kesederhanaan, kejujuran, persahabatan dan perjuangan hidup”.

Menurut Dian, ini kali pertama dalam sejarah Iran seorang duta asing bisa meluncurkan sebuah buku foto tentang negara tempatnya bertugas.

Dia berharap buku tersebut dapat mengeratkan persahabatan antara masyarakat Indonesia dan Iran.

“Selain berhasil meningkatkan hubungan politik dan ekonomi Iran-Indonesia, Duta Besar Dian patut dianggap sebagai pionir yang menggunakan media foto dalam diplomasi budaya,” kata Mohammad Sadeqi. “Dian akan selalu dikenang dan diterima masyarakat Iran meskipun telah berakhir masa tugasnya sebagai duta besar karena upaya konkritnya memajukan diplomasi budaya dan meningkatkan persahabatan antar masyarakat kedua negara.”

Penerbitan buku yang dicetak luks ini disponsori penuh oleh sebuah perusahaaan swasta di Iran, kata pernyataan kedutaan.

RR/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *